Web Server

Di era digital saat ini, kita tahu bahwa internet sudah seperti menjadi kebutuhan primer yang harus dipenuhi oleh semua orang. Setiap kali pengguna internet menggunakan browser untuk menjelahi internet, sebenarnya saat itu browser yang digunakan akan berperan sebagai klien untuk mengirimkan permintaan ke web server. Sebenarnya apa itu web server? Berikut penjelasannya dibawah ini.

Pengertian Web Server

Web server merupakan sebuah program yang berfungsi untuk menerima permintaan (Request) melalui protokol HTTP maupun HTTPS dari klien yang dikenal dengan nama browser (seperti: Internet Explorer, Google Chrome, Mozilla Firefox). Selanjutnya web server akan mengirimkan permintaan yang diminta oleh klien ke dalam bentuk halaman web yang pada umumnya berupa dokumen HTML ataupun PHP.

Fungsi Web Server

Fungsi utamanya adalah untuk memindahkan atau memproses berkas-berbas yang diinginkan oleh klien melalui protocol komunikasi tertentu yang kemudian memberikan respon berupa halaman web yang biasanya terdiri dari berbagai jenis berkas seperti, teks, gambar, video, file, audio dan lain-lain.

Jika kamu ingin mengakses halaman website, kamu biasanya akan mengetikkan sebuah kata kunci yang ingin kamu cari di halaman browser seperti Internet Explorer, Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera dan lain sebagainya. Setelah kamu mengetikan kata kunci yang kamu minta lalu menekan enter untuk dapat mengakses halaman website tersebut dan browser akan melakukan permintaan ke server. Web server disini akan berperan mencarikan data yang diminta browser, lalu mengirimkan data tersebut ke browser atau menolaknya jika data yang diminta tidak ditemukan.

Cara Kerja Web Server

Pada dasarnya tugas web server hanya ada 2 yaitu menerima permintaan (request) dari klien dan mengirimkan apa yang diminta klien (respon).

Perlu kita ketahui bahwa semua protokol yang ada di internet melibatkan pihak satu sebagai server dan pihak lainnya sebagai klien, begitu juga dengan HTTP yang merupakan wadah bagi program yang dijalankan. Dalam protokol HTTP, web server berperan sebagai server dan browser berperan sebagai klien. Pada saat pengguna internet memasukkan kata kunci atau alamat website melalui browser, maka browser selanjutnya akan mengirimkan permintaan tersebut ke sever sesuai dengan apa yang diminta dan kemudian menunggu hasilnya. Jika data yang diminta ditemukan maka data tersebut akan dikemas dalam TCP dan dikirim kembali ke browser, sedangkan jika data yang diminta tidak ditemukan maka server akan menolak permintaan terrsebut dan browser akan menampilkan notifikasi Page Not Found atau error 404.

Demikian informasi yang dapat saya berikan, mohon maaf jika ada kekurangan dan semoga bermanfaat. Terimakasih..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here