Bluetooth

Mungkin mendengar kata Bluetooth sudah tidak asing lagi bagi kalian,teknologi yang beberapa tahun lalu sangat diandalkan untuk bisa saling terhubung dan berbagi dengan perangkat lain, namun sayang sekarang teknologi ini mulai redup popularitasnya dikarenakan sudah banyaknya teknologi lain yang bisa mengungguli teknologi ini. Namun tentu teknologi ini masih dipakai di berbagai perangkat, mulai dari smartphone, headset, mouse, laptop, dan masih banyak lagi.

Tapi apa kalian tau kenapa teknologi ini dinamakan Bluetooth? apa karena orang yang menemukannya memiliki gigi berwarna biru, tentu saja tidak. Untuk menambah sedikit pengetahuan saya akan menjelaskan sedikit sejarah kenapa teknologi ini dinamakan Bluetooth.

Nama Bluetooth diambil dari seorang raja yang pernah berkuasa di Denmark. Raja itu bernama King Harald Blatand. Namun karena berbagai hal nama raja itu sedikit berubah dalam bahasa Inggris di baca King Harold Bluetooth. King Harald Blatand ini merupakan salah satu raja yang hebat, dia mampu menyatukan daerah–daerah di sekitarnya seperti Denmark, Norwegia, dan Swedia. Maka dari itu dipakailah nama raja tersebut karena Bluetooth juga mempunyai karakteristik untuk menyatukan berbagai device, seperti halnya raja Harald menyatukan daerah–daerah di sekitar kerajaanya.

Tidak hanya itu saja fakta menarik tentang Bluetooth, saya akan mengulas beberapa fakta menarik lainnya mengenai teknologi ini.

1. Awal Mula Bluetooth

Pada tahun 1994 Bluetooth mulai dipergunakan oleh perusahaan asal Swedia yaitu Ericsson. Tidak hanya Ericson saja yang mulai menggunakan teknologi ini namun bersama beberapa perusahaan raksasa lainnya seperti IBM, Nokia, Intel, dan Toshiba meraka bersama-sama membentuk SIG atau  kepanjangan dari Special Interest Group pada tahun 1998. Satu tahun berikutnya tepatnya pada bulan Juli tahun 1999 akhirnya untuk pertama kali di dunia mereka mengeluarkan spesifikasi Bluetooth versi 1.0.

2. Jarak pada Bluetooth

Teknologi ini merupakan salah satu teknologi nirkabel yang sangat populer pada masanya. Namun walaupun tidak dihubungkan dengan kabel tentunya teknologi ini juga memiliki keterbatasan dalam hal jarak. Secara teori teknologi ini memiliki jarak hubung sejauh 10 sampai 100 meter.

3. Kecepatan pada Bluetooth

Bandwith atau kecepatan dalam mengirim data menggunakan teknologi ini sebesar 1 sampai 2 megabits per second (mbps). Lumayan juga kan untuk transfer data. Sehingga kalian tidak perlu lagi saling bertukar kartu memori atau flash disk.

4. Menggunakan Frekuensi Radio

Teknologi ini mengandung gelombang radio microwave, yang disebut-sebut dapat menimbulkan masalah kesehatan. Andretti Racing Team mengungkapkan teknologi ini tidak cocok digunakan sebagai sarana komunikasi. Namun di sisi lain teknologi ini sangat berguna sebagai sarana mengirim file atau berkas.

5. Memiliki Fitur Keamanan

Teknologi ini sudah memiliki system keamanan yang mumpuni. Fitur-fitur keamanan tersebut seperti data encryption, lompatan frekuensi yang cepat, user authentication, dan kontrol pengeluaran energi.

6. Jumlah Perangkat yang Dapat Terhubung

Teknologi ini bisa langsung terhubung ke perangkat yang sudah dikenali sebelumnya. Selain itu secara teori, Bluetooth juga mampu mendukung ke 8 devices sekaligus.

Mungkin hanya itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai artikel kali ini, apabila kalian ingin mengetahui lebih banyak lagi tentang teknologi ini kalian bisa coba mencari lagi di google dan sebagai referensi kalian bisa mulai dari sini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here