Apa itu Javascript

Apa itu JavaScript? JavaScript adalah bahasa pemrograman untuk web. Hal ini didukung oleh sebagian besar browser web termasuk Chrome, Firefox, Safari, Internet Explorer, Edge, Opera, dll Sebagian besar browser mobile untuk ponsel pintar mendukung JavaScript juga.

Hal ini terutama digunakan untuk meningkatkan halaman web untuk memberikan pengalaman yang lebih user friendly. Ini termasuk memperbarui halaman web secara dinamis, perangkat tambahan antarmuka pengguna seperti menu dan kotak dialog, animasi, grafik 2D dan 3D, peta interaktif, pemutar video, dan banyak lagi. Cara penggunaan JavaScript ini di web browser juga disebut sebagai javascript sisi klien.

Bila Anda mempertimbangkan komponen yang membentuk sebuah halaman web, JavaScript membentuk komponen ketiga dari triad, HTML dan CSS menjadi dua lainnya. HTML menggambarkan halaman, termasuk teks, grafik, dll. CSS digunakan untuk mengendalikan dan menyesuaikan tampilan halaman web, termasuk warna, font, dll. Digunakan untuk menambahkan komponen dinamis ke halaman web dan membuat sebagian besar elemen pada halaman yang diprogram.

Javascript

JavaScript adalah penerjemah bahasa pemrograman lengkap yang tertanam di dalam browser web Anda. Anda bisa melakukan apapun. Ini termasuk:

1. Deklarasi variabel
2. Menyimpan dan mengambil value
3. Dapat memilih berbagai jenis fungsi
4. Tentukan kelas Anda sendiri
5. Muat dan dapat digunakan modul eksternal
6. event handler yang merespon pengguna dan acara lainnya
Dan banyak lagi

Browser web memuat halaman web, mem-parsing HTML dan membuat apa yang dikenal sebagai Document Object Model (DOM) dari kontennya. DOM menyajikan tampilan langsung halaman web ke kode JavaScript Anda. Kode Anda kemudian dapat melakukan update ke DOM dan memilikinya disajikan langsung ke pengguna. Browser juga memungkinkan Anda untuk mendaftarkan kode Anda agar diberi tahu tentang acara antarmuka pengguna seperti gerakan mouse, klik tombol, dll. Dengan menggunakan semua fasilitas ini, Anda dapat membuat aplikasi keren (dan tidak sedikit) untuk melayani tujuan apa pun yang mungkin Anda pilih.

Peringatan: Karena JavaScript adalah bahasa yang sangat kuat, Anda juga mungkin bisa menulis perangkat lunak perusak, virus, pembajak browser, dan nasties lainnya untuk menimbulkan masalah pada pengguna. Ini berkisar dari mencuri cookies browser, password, kartu kredit hingga mendownload virus ke komputer Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here