Pengertian Webmail, Manfaat, Serta Macam-Macamnya


Pengertian Webmail

Webmail merupakan suatu layanan email yang dapat diakses melalui sebuah browser seperti Internet Explorer, Mozilla Firefox, Google Chrome, opera dan lain-lain. Web Email atau Webmail merupakan salah satu kategori dari website dan klien email yang menggunakan halaman Web sebagai media untuk mengelola email di sisi klien. Sesuai dengan sifatnya, pengguna web email tidak perlu melakukan instalasi perangkat lunak hanya cukup melakukan sedikit konfigurasi. Dengan kelebihan dan kemudahan yang dimiliki webmail yaitu bisa diakses di komputer yang berbeda secara langsung tanpa harus menyetting ulang layanan. Manfaat dari menggunakan web mail yaitu email anda akan dapat diakses dimana saja, berbeda jika kita menggunakan aplikasi lain seperti Outlook Express, Mozilla’s Thunderbird dimana email tersebut hanya dapat di akses dari komputer tertentu saja. Sementara kekurangan dari mengakses email melalui webmail adalah kita harus terhubung ke internet jika kita ingin mengecek atau membaca email dari akun kita sendiri.

Fasilitas Webmail

Fasilitas yang tersedia jika kita menggunakan webmail antara lain adalah:

  1. Mengirim Email
  2. Membaca Email
  3. Menghapus Email
  4. Membalas Email
  5. Menyimpan Email
  6. Meneruskan Email
  7. Mengembalikan Email yang sudah terhapus ke tempat semula
  8. Menggunakan lampiran dokumen
  9. Mencetak Email

Sering dengan majunya teknologi, hal itu membuat penyedia layanan email membuat webmail versi mobile. Web mail versi mobile bisa diakses melalui perangkat seluler yang terhubung ke internet, baik itu melalui browser bawaan maupun aplikasi tambahan seperti Opera Mini. Hal yang harus diperhatikan saat mengakses email melalui web mail adalah biasakan untuk selalu logout jika kita mengakses melalui komputer di warnet.

Email klien, email reader atau lebih formal Mail User Agent (MUA) adalah program komputer yang digunakan untuk mengelola email pengguna. Istilah ini dapat mengacu pada sistem yang dapat mengakses kotak email pengguna, terlepas dari itu menjadi MUA, server menyampaikan, sebuah aplikasi web yang menyediakan managemen pesan, komposisi dan fungsi penerimaan ini kadang juga di anggap sebagai email klien tetapi lebih sering disebut web mail. Email klien adalah aplikasi yang digunakan untuk organisasi email, baik untuk akun email yang berbayar maupun yang gratis. Syaratnya harus ada POP3nya. Email klien biasa disebut juga dengan Outlook Express.

Manfaatnya Webmail

Manfaat menggunakan web mail adalah kita dapat mengorganisir email milik kita dengan leluasa dibandingkan dengan aplikasi email klien, selain itu kita dapat menggunakan fitur-fitur yang mungkin tidak bisa didukung langsung oleh email klien seperti chat pada Gmail dan Yahoo. Sedangkan manfaat dari email klien adalah kita dapat update inbox terbaru tanpa harus mengeceknya secara manual.

Macam-Macam Webmail

  1. Gmail
  2. Yahoomail
  3. Hotmail
  4. Gmx max
  5. OVImail
  6. Royalmail

Demikian informasi yang dapat saya berikan, mohon maaf jika ada kekurangan dalam penyampaian informasi dan semoga informasi ini bermanfaat. Terimakasih..

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama