Mengenal Bahasa Pemrograman PHP


Pengertian Bahasa Pemrograman PHP

Bahasa pemrograman PHP adalah bahasa pemrograman script server-side yang didesain untuk pengembangan web. PHP di kembangkan pada tahun 1995 oleh Rasmus Lerdorf, PHP disebut bahasa pemrograman server side karena PHP diproses pada komputer server. Hal ini berbeda dibandingkan dengan bahasa pemrograman client-side seperti JavaScript yang diproses pada web browser.

Saat ini PHP adalah singkatan dari Hypertext Preprocessor, namun pada awalnya PHP merupakan singkatan dari Personal Home Page, dengan tujuan awal digunakan untuk membuat website pribadi. Dalam beberapa tahun perkembangannya, PHP menjelma menjadi bahasa pemrograman web yang populer dan tidak hanya digunakan untuk membuat halaman web sederhana, tetapi juga website populer yang digunakan oleh jutaan orang seperti wikipedia, wordpress, joomla, dll.

Kemudahan dan kepopuleran PHP membuat PHP menjadi standar bagi programmer web di seluruh dunia, sekitar 82% dari web server di dunia menggunakan PHP. PHP juga menjadi dasar dari aplikasi CMS (Content Management System) populer seperti Joomla, Drupal, dan WordPress.

Fungsi Bahasa Pemrograman PHP

PHP berfungsi sebagai pemersingkat script bahasa pemrograman. Disisi lain PHP ini juga dapat digunakan untuk menginput data ke sistem database. Selain itu juga dapat difungsikan sebagai pelaksanaan manajemen cookie dan session dalam berbagai macam aplikasi.

Sebenarnya Untuk membuat halaman web,  PHP bukanlah bahasa pemrograman yang wajib digunakan. Dengan hanya menggunakan HTML dan CSS saja halaman web sudah dapat dibuat namun halaman web yang dihasilkan akan dikenal dengan website statis, dimana konten dan halaman web bersifat tetap.

Dengan munggunakan bahasa pemrograman PHP website akan bersifat dinamis yang berarti situs web yang bisa menyesuaikan tampilan konten tergantung situasi. Website dinamis juga bisa menyimpan data ke dalam database, membuat halaman yang berubah-ubah sesuai input dari user, memproses form, dll.

Karena hal tersebut untuk pembuatan web, kode PHP biasanya di sisipkan kedalam dokumen HTML. Karena fitur inilah PHP disebut juga sebagai Scripting Language atau bahasa pemrograman script.

Kelebihan Bahasa Pemrograman PHP

  1. Standar yang menjadikan PHP menjadi dasar bagi programmer web diseluruh dunia. Dimana market share penggunaan bahasa pemrograman server side untuk mayoritas website diseluruh dunia dipegang PHP dibandingkan bahasa pemrograman lainnya.
  2. PHP bersifat open source dan gratis dapat digunakan dalam berbagai sistem operasi seperti Linux, Windows, Macitosh serta dapat dijalankan secara runtime melalui console.
  3. PHP memiliki pengembangan yang lebih mudah. Hal itu dikarenakan terdapat banyak milis-milis dan developer yang membantu dalam proses pengembangan.
  4. PHP tidak melakukan kompilasi dalam penggunaannya.
  5. PHP juga dapat mudah ditemukan mulai dari apache, IIS, Lightttpd hingga Xitami dengan konfigurasi yang relatif mudah.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama