Chromebook

Chromebook merupakan sebuah laptop yang memiliki keunikan tersendiri jika dibandingkan laptop dengan sistem operasi Windows maupun MacOS. OS ini sebenarnya telah diperkenalkan sejak tahun 2011 lalu, namun hingga kini masih belum populer di Indonesia. Padahal di negara maju, OS ini mendapatkan respon yang sangat positif dan bahkan sampai ditunggu-tunggu kehadiran perangkat terbarunya. OS ini menjalankan sistem operasi buatan Google, yakni Chrome OS. OS ini di rancang untuk bergantung pada koneksi internet pada saat menggunakannya, semua aktifitas OS ini terjadi di browser, tidak ada Desktop dan tidak ada Hard Drive yang digunakan, semua file akan langsung tersimpan pada cloud.

Pada awalnya OS ini diperuntukan untuk digunakan oleh para pelajar, namun sekarang Chromebook sudah memasuki segmen laptop premium untuk professional. Memang benar bahwa saat ini laptop Windows maupun MacBook buatan Apple lebih umum digunakan, tapi sebenarnya OS ini mempunyai banyak keunggulan yang membuatnya pantas diperhitungkan untuk dimiliki.

Berikut ini beberapa keunggulan yang di miliki oleh chromebook.

1. Fitur Spesial

Ada beberapa fitur spesial yang dimiliki oleh OS ini diantaranya adalah Google Assistant yang merupakan assisten virtual besutan Google. Selain itu OS ini juga terintegrasi dengan Google Now yang akan memberikan anda informasi tentang berita cuaca dan juga berita terkini setiap hari. Mendukung laptop dengan layar sentuh atau 2-in-1 laptop dan membuat keyboard on-screen yang minimalis dengan dilengkapi fitur untuk memudahkan dalam mengetik.

2. Tidak Butuh Spesifikasi Tinggi

OS ini sebenarnya diperuntukan untuk pengguna online sehingga tidak membutuhkan spesifikasi yang tinggi, karena dengan RAM 2 GB atau 4 GB dan prosesor intel Celeron N2840 saja sudah cukup mempuni untuk kebutuhan Multitasking. Penyimpanan Chrome juga tidak perlu besar, hal ini dikarenakan OS ini dilengkapi dengan slot SD Card untuk menambah penyimpanan dan juga berbasis cloud 100 GB di Google Drive. Dengan ini kamu tinggal menyimpan file secara online di cloud.

3. Jutaan Aplikasi Androd Bisa Terpasang

Sudah dikonfimasikan bahwa semua tipe OS ini akan bisa diinstal aplikasi android di Play Store. Hal ini menjadi keunggulan tersendiri kerena kebanyakan users lebih suka memilih gadget yang mutifungsi seperti dapat dilipat atau digunakan layaknya tablet. Pengguna akan mendapatkan sensasi gadget android dengan performa komputer dalam satu perangkat.

4. Baterai Lebih Awet

Chromebook dikenal akan ketahanan baterainya yang lebih awet dengan rata-rata memiliki daya tahan selama sekitar 9 jam penggunaan. Hal ini sangat penting bagi kamu sering mengerjakan atau menyelesaikan pekerjaan di luar kantor tanpa harus bergantung pada colokan listrik untuk mengisi daya.

5. Keamanan Data Terjaga

Setiap orang pasti pernah merasakan file datanya terkena virus di flashdisk atau komputer windows, pasti kita sangat kesal apalagi kita tidak bisa berbuat banyak. Nah, di Chromebook ini file kita akan lebih aman dan tidak perlu khawatir file terkena virus dan rusak karena file kita akan langsung tersimpan pada cloud. Chrome OS juga dilengkapi perlindungan virus dan malware built-in sehingga anda tidak perlu khawatir akan file berbahaya bila menggunakan Chromebook ini.

Dengan keunikan dan keunggulan yang dimilikinya, OS ini akan menjadi pilihan yang menarik untuk anda yang sedang mencari laptop dengan harga terjangkau, bodi tangguh, baterai yang awet dan keamanan data dapat terjaga, Chromebook bisa menjadi pilihan yang tepat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here