Bahasa Pemrograman Swift

Swift adalah sebuah Bahasa pemrograman yang kokoh dan intuitif yang dikembangkan oleh Apple Inc dan diciptakaan untuk mengembangkan aplikasi iOS, Mac, Apple TV, Apple Watch. Bahasa ini didesain untuk  memberikan banyak kebebasan kepada para pengembang karena Swift dapat mudah digunakan karena mengurangi pemborosan kata dan kekakuan yang dimiliki oleh Bahasa pemrograman lainnya dan Bahasa swift bersifat terbuka (Open Source). Bahasa pemrograman Swift dibuat pada tahun 2014 dan Bahasa ini termasuk dalam golongan objek fungsional dan dirancang agar dapat bekerja dengan Objective-C.

Perkembangan Bahasa pemrograman Swift juga cukup cepat karena Apple selalu meningkatkan kemampuan dari Bahasa pemrograman tersebut. Tidak hanya meningkatkan kemampuan dalam bahasanya saja tetapi Apple juga meningkatkan fasilitas yang dapat digunakan untuk mempelajari Bahasa pemrograman tersebut, baik itu berupa web maupun aplikasi. Bahasa swift ini baru dirilis pada tahun 2015 pada ajang WWDC, meskipun tergolong Bahasa pemrograman baru tetapi Bahasa pemrograman ini sudah banyak dilirik oleh perusahaan-perusahaan untuk mengembangkan produk-produknya termasuk perusahaan raksasa seperti Google, Facebook dan Uber.

Kelebihan yang dimiliki oleh Bahasa pemrograman Swift ini yang menjadi salah satu faktor perusahaan-perusahaan teknologi tertarik untuk mengembangkan produk-produknya dengan menggunakan Bahasa pemrograman tersebut. Kelebihan yang dimiliki oleh Bahasa pemrograman Swift antara lain:

1. Mudah

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa Bahasa pemrograman ini menawarkan kemudahan dalam penggunaanya, Bahasa pemrograman ini mudah untuk ditulis saat membuat program maupun dibaca oleh developer atau pembuat program lainnya. Dengan memiliki kebutuhan sintak yang lebih sederhana dengan Bahasa pemrograman lainnya, pembuat kode dapat membuat sebuah baris kode dengan karakter yang lebih sedikit yang mempunyai fungsi yang sama dengan Bahasa lainnya.

2. Memiliki Trik Yang Menarik

Bahasa pemrograman Swift ini merupakan Bahasa pemrograman fungsional sehingga Bahasa ini mempunyai elemen-elemen dari Bahasa pemrograman fungsional. Para developer dapat menggunakan berbagai trik untuk memudahkan penulisan kode seperti untuk membuat fungsi sebagai variable.

3. Lebih Aman

Bahasa pemrograman Swift tergolong Bahasa pemrogrman yang aman, Bahasa ini memiliki suatu hal yang sangat menarik yaitu Bahasa ini memiliki manajemen memori yang bagus. Hal ini membuat para developer tidak perlu takut permasalahan tentang manajemen memori.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here