Perbedaan Virtual Reality dan Augmented Reality

Mungkin dari teman-teman sudah kenal dengan teknologi VR (Virtual Reality) ini. Lalu bagaimana dengan teknologi Augmented Reality? Mari kita bahas perbedaan Virtual Reality dan  dengan Augmented Reality.

Virtual Reality

Pengertian Virtual Reality adalah lingkungan buatan yang dibuat dengan perangkat lunak (software) dan dipresentasikan kepada pengguna melalui komputer, sehingga pengguna dapat berinteraksi dalam lingkungan tiga dimensi yang disimulasikan tersebut. Biasanya pengguna menggunakan alat elektronik, seperti helm atau kacamata dengan layar di dalamnya dan sensor. Di computer, virtual reality hanya melibatkan 2 indra, yaitu pengelihatan dan pendengaran.

Bentuk virtual reality yang paling sederhana adalah gambar 3-D yang bisa dieksplorasi secara interaktif di komputer pribadi, biasanya dengan memanipulasi menggunakan tombol atau mouse sehingga gambar bergerak ke beberapa arah, memperbesar atau memperkecil. Pada teknologi yang lebih canggih virtual reality sudah melibatkan lingkungan simulasi buatan dengan 360 derajat, sehingga pengguna dapat merasakan suatu ruang lingkup seperti pada kenyataan.

Contoh alat virtual reality seperti, Google Cardboard yang sederhana hanya menggunakan kardus+smartphone. Lalu ada playstation VR, dimana kita dapat bermain game dengan menggunakan VR dan dapat merasakan secara langsung seperti berada didalam game.

Selain itu Oculus Rift yang merupakan visioner dalam dunia VR. Sekarang Oculus Rift mempunyai fitur gaming dan non gaming. Fitur non gaming meliput Oculus cinema, Oculus Social Media, dan visualisasi di dunia industri.

Lalu bagaimana dengan Augmented reality?

Augmented Reality adalah  informasi digital berupa tampilan visual maupun audio pada dunia maya yang ditambahkan ke dalam dunia nyata secara real time oleh computer. Sehingga meningkatkan pandangan orang terhadap persepsi realitas pengguna. Maksudnya teknologi ini menggunakan dunia nyata sebagai lingkungannya, lalu menambah berbagai informasi di atasnya sebagai media pendukungnya.

Contoh mudahnya yang sudah terkenal saat ini adalah teknologi yang dikembangkan pada game Pokemon GO. Di mana pengguna dapat berinteraksi dengan pokemon di dalam game di dunia nyata.

Contoh lainya pada dunia teknologi biasanya digunakan pada bidang militer, medis, komunikasi, yang mempunyai risiko besar dan harus di uji coba terlebih dahulu sebelum dimplementasikan. Seperti pada pemeriksaan sebelum operasi pembedahan. Augmented Reality dapat diaplikasikan sehingga tim bedah dapat melihat data CT Scan atau MRI pada pasien saat pembedahan berlangsung.

Sekiranya itulah perbedaan Virtual Reality dan Augmented Reality.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here