Perbedaan USB 2.0 dan 3.0

Teknologi semakin berkembang, begitupula dengan USB dimana peningkatan dari segi kualitas. Dengan keluarnya USB 3.0 sekarang kita dapat mentransfer data dengan cepat. Namun apa saja perbedaan USB 2.0 dan 3.0 ? Mari kita bahas.

1. Kecepatan transfer

Perbedaan USB 2.0 dan 3.0 yang pertama adalah kecepatan transfernya. USB 2.0 menawarkan kecepatan transfer 480 Mbps, sedangkan USB 3.0 menawarkan kecepatan transfer 4,8 Gbps – 10 kali lebih cepat.

2. Penambahan bus fisik lain

Jumlah kabel dua kali lipat, dari 4 hingga 8. Kabel tambahan membutuhkan lebih banyak ruang di kedua kabel dan konektor, sehingga jenis konektor baru dirancang.

3. Konsumsi daya

USB 2.0 menyediakan hingga 500 mA sedangkan USB 3.0 menyediakan hingga 900 mA. Perangkat USB 3 menyediakan lebih banyak daya saat diperlukan dan menghemat daya saat perangkat terhubung tetapi tidak aktif.

4. Bandwidth lebih besar

Alih-alih komunikasi satu arah, USB 3.0 menggunakan dua jalur data searah, satu untuk menerima data dan yang lain untuk mengirim sementara USB 2.0 hanya dapat menangani hanya satu arah data setiap saat.

5. Peningkatan pemanfaatan bus

Sebuah fitur baru ditambahkan (menggunakan paket NRDY dan ERDY) untuk membiarkan perangkat secara asinkron memberi tahu tuan rumah kesiapannya.

Ketika data sedang ditransfer melalui perangkat USB 3.0, kabel, dan konektor, transaksi dimulai oleh tuan rumah membuat permintaan diikuti dengan respon dari perangkat. Perangkat menerima permintaan atau menolaknya. Jika diterima, perangkat mengirim data atau menerima data dari host. Jika ada kekurangan ruang penyangga atau data, ia akan merespons dengan sinyal Not Ready (NRDY) untuk memberi tahu host bahwa ia tidak dapat memproses permintaan. Ketika perangkat siap, maka akan mengirimkan Endpoint Ready (ERDY) ke host yang kemudian akan menjadwal ulang transaksi.

Namun dari kelebihan USB 3.0, masih ada kekurangan. Kekurangan ini yang akhirnya menjadi  kelebihan dari USB 2.0. Kekurangan USB 3.0 antara lain :

  • Tidak didukung oleh sistem operasi Windows XP. Namun sudah di dukung Windows 7 ke atas dan Linux.
  • Penjang kabel maksimal 3 meter sedangkan USB 2.0 bisa mencapai 5 meter. (kekurangan ini bisa ditangani dengan menambahkan USB Hub.
  • Kecepatan pengiriman data tidak bisa mencapai kecepatan yang optimal di semua piranti. contohnya hardisk piringan hanya terbatas kecepatan piringan tersebut berputar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here