virus

Pada umumnya, ketika komputer seseorang terkena malware, mereka akan mengatakan bahwa komputernya terjangkit virus, walaupun sebenarnya komputernya bisa saja terjangkit worm atau jenis malware yang lain. Berdasarkan definisinya, Malware merupakan singkatan dari Malicious Software yang memiliki arti sebagai kode jahat atau software jahat. Malware memiliki berbagai jenis, diantaranya: trojan, worm, spyware, virus, rootkit, adware, bots, backdoor, exploit, dan lain-lain.

Berikut ini adalah perbedaan malware, virus, worm, spyware, dan trojan.

1. Malware (Malicious Software)

Malware adalah sebuah software atau kode yang diciptakan oleh seseorang untuk tujuan jahat. Biasanya Malware dibuat seperti sebuah program komputer, dengan tujuan untuk merugikan orang lain. Malware dapat mengubah data (menghapus, menyembunyikan, dan mencuri), menghabiskan bandwith dan juga sumber daya lain tanpa seizin pemilik komputer.

2. Virus Komputer

Virus komputer adalah Malware yang dapat menginfeksi sebuah komputer dan  hanya dapat aktif dengan bantuan dari pihak ketiga yang biasanya pemilik dari komputer itu sendiri. Virus tidak bisa otomatis mengaktifkan dirinya sendiri dan menginfeksi sebuah komputer tapi harus ada tindakan dari pihak ketiga yaitu pengguna komputer. Biasanya virus dibuat seperti program lain yang sering digunakan oleh pemilik komputer sehingga pemilik komputer itu tanpa disadari mengaktifkan virus tersebut.

3. Worm Komputer

Worm adalah Malware yang bisa mengaktifkan dirinya sendiri tanpa adanya bantuan dari pihak ketiga. Yang artinya, jika worm sudah berhasil masuk dalam sebuah komputer atau jaringan komputer maka worm akan dapat leluasa merusak atau memanipulasi komputer tersebut tanpa dapat dicegah oleh pemilik komputer.

Namun Worm hanya dapat menginfeksi sebuah komputer jika dia menemukan sebuah celah keamanan (vulnerability) dari sebuah software yang ada di dalam komputer tersebut, sebagai contoh software yang biasanya dijadikan sasaran adalah Adobe. Worm tidak akan mampu menginfeksi sebuah sistem komputer bila celah keamanan (vulnerability) di dalam komputer itu sudah ditutup. Hal ini juga lah yang membuat Worm kurang efektif untuk menyerang komputer.

4. Spyware

Spyware adalah program komputer yang dibuat untuk memata-matai komputer korbannya. Awalnya spyware ini digunakan untuk memata-matai profil pengguna komputer dan kebiasaanya yang kemudian malware ini akan menampilkan iklan yang sesuai dengan minat pengguna komputer tersebut.

5. Trojan

Trojan adalah sebuah program yang dibuat seperti program baik dan berguna untuk pengguna komputer seperti Crack atau program sejenis yang ketika diinstal ke dalam komputer dapat memata-matai, mencuri data, dan mengirimkannya tanpa diketahui oleh si pengguna komputer tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here