Pengertian VPN

VPN adalah singkatan dari ‘Virtual Private Networking‘, yang merupakan metode keamanan internet yang populer. Yang terakhir melibatkan teknologi yang bertujuan untuk menambahkan lapisan keamanan ke jaringan pribadi dan publik. Termasuk dalam hotspot broadband dan internet.

Oleh karena itu VPN merupakan solusi yang aman untuk menjaga privasi di dalam internet yang lebih luas yang memungkinkan pengguna – entah mereka individu, atau bagian dari organisasi, atau bisnis – untuk mengirim dan menerima data sambil menjaga kerahasiaan jaringan pribadi mereka.

Pengertian VPN

Pengertian VPN (Virtual Private Network) adalah teknologi komunikasi yang memungkinkan untuk dapat terkoneksi ke jaringan publik dan menggunakannya sebagai jaringan lokal. Semua lalu lintas jaringan Anda dikirim melalui koneksi aman ke VPN. Setelah terkoneksi VPN, komputer seperti berada di jaringan lokal, padahal tidak. Kenyataanya kita hanya menggunakan IP jaringan di tempat lain sebagai IP lokal kita. Ini memungkinkan kita untuk mengakses sumber jaringan lokal dengan aman saat berada di negara lain. Dengan VPN kita juga dapat mengakses situs web yang di blokir

Salah satu masalah jaringan internet (IP public) adalah tidak mempunyai dukungan yang baik terhadap keamanan. Sedangkan bagi suatu perusahaan, IP adalah kebutuhan dasar untuk melakukan pertukaran data antara rekanan perusahaan. Untuk itu digunakan VPN untuk mengatasi persoalan tersebut. Dimana jaringan perusahan mengguanakan VPN untuk bertukar data secara private untuk menjaga keamanan transmisi paket data.

Fungsi VPN

1.Confidentially

VPN bekerja dengan cara mengenkripsi semua data yang lewat. Dengan adanya teknologi enkripsi tersebut, maka kerahasiaan data dapat lebih terjaga. Walaupun ada pihak yang dapat menyadap data yang melewati internet bahkan jalur VPN itu sendiri, namun belum tentu dapat membaca data tersebut, karena data tersebut telah dienkripsi.

2. Data Integrity

Saat kita mengakses internet otomatis kita mengakses data yang mungkin saja jauh dari berbagai negara. Data yang melewati jaringan VPN akan dijaga keutuhanya agar tidak rusak saat proses mulai dari data dikirim hingga data sampai ke tujuan.

3. Origin Authentication

Teknologi VPN memastikan keaslian dari sumber data dari pengirim data yang diterimanya. VPN akan melakukan otentikasi dengan melakukan pemeriksaan terhadap semua data yang masuk dan menyetujuinya keaslianya, sehingga menjamin tidak ada sumber data yang dipalsukan yang diterima.

Itulah pengertian VPN dan fungsinya, Untuk beberapa tool VPN yang bisa dipakai silahkan klik disini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here