Steganografi

Pada pembahasan kali ini saya akan mengulas tentang Steganografi, pembahasan akan meliputi pengertian, jenis-jenis dan prinsip kerja. Untuk lebih jelasnya silahkan simak pembahasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Steganografi

Apa itu Steganografi? Steganografi atau Steganography adalah sebuah ilmu, teknik atau seni menyembunyikan sebuah pesan rahasia dengan suatu cara sehingga pesan tersebut hanya akan diketahui oleh si pengirim dan si penerima pesan rahasia tersebut. Steganografi berasal dari Bahasa Yunani yaitu Stegano yang berarti “tersembunyi atau menyembunyikan” dan graphy yang berarti “Tulisan, jadi Steganografi adalah tulisan atau pesan yang disembunyikan. Steganografi kebalikannya kriptografi yang menyamarkan arti dari sebuah pesan rahasia saja, tetapi tidak menyembunyikan bahwa ada sebuah pesan. Kelebihan Steganografi dibandingkan dengan Kriptografi adalah pesan-pesannya akan dibuat tidak menarik perhatian dan tidak menimbulkan kecurigaan, berbeda dengan Kriptografi yang pesannya tidak disembunyikan, walaupun pesannya sulit untuk di pecahkan akan tetapi itu akan menimbulkan kecurigaan pesan tersebut.

Jenis-Jenis Teknik Steganografi

Terdapat tujuh teknik steganografi berdasarkan teknik yang digunakan, yaitu sebagai berikut(Ariyus,2009):

  1. Injection

Merupakan teknik menanamkan pesan rahasia secara langsung terhadap suatu media, kekurangan dari teknik ini adalah media yang diinjeksi akan menjadi lebih besar dari ukuran normalnya sehingga mudah terdeteksi. Teknik ini juga disebut embedding.

  1. Substitution

Teknik ini mengubah data normal menjadi data rahasia, hasil dari teknik ini biasanya tidak akan terlalu mengubah ukuran data asli tetapi tergantung pada data yang akan disembunyikan. Teknik ini akan menurunkan kualitas media yang ditumpangi.

  1. Transformasi Domain

Teknik ini sangat efektif. Pada dasarnya, transformasi domain menyembunyikan data pada transform space.

  1. Spread Spectrum

merupakan teknik pentransmisian menggunakan pseudo-noise code, yang independen terhadap data informasi sebagai modulator bentuk gelombang untuk menyebarkan energi sinyal dalam sebuah jalur komunikasi (bandwith) yang lebih besar daripada sinyal jalur komunikasi informasi. Oleh penerima, sinyal dikumpulkan kembali menggunakan replika pseudo-noise code tersinkronisasi.

  1. Statistical Method

Teknik ini disebut juga skema steganographic 1 bit. Skema tersebut menanamkan satu bit informasi pada media tumpangan dan mengubah statistik walaupun hanya 1 bit. Perubahan statistik ditunjukkan dengan indikasi 1 dan jika tidak ada perubahan, terlihat indikasi 0. Sistem ini bekerja berdasarkan kemampuan penerima dalam membedakan antara informasi yang dimodifikasi dan yang belum.

  1. Distortion

Teknik ini menciptakan perubahan atas benda yang ditumpangi oleh data rahasia.

  1. Cover Generation

Tenik ini lebih unik daripada metode lainnya karena cover objek dipilih untuk menyembunyikan pesan.

Prinsip Kerja Steganografi

Pesan rahasia yang akan disembunyikan akan disisipkan pada suatu media penampung seperti citra, suara, video dan sebagainya yang terlihat tidak mencurigakan untuk menyimpan pesan rahasia. Pesan rahasia akan memerlukan sebuah kunci rahasia yang dinamakan stego-key agar hanyak pihak yang berhak saja yang dapat membuka atau mengekstak pesan rasahia tersebut.

Demikian penjelasan mengenai Steganografi, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan dan pengetahuan. Terima kasih..

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here