Sensor Ultrasonik

Pada pembahasan kali ini saya akan membahas sedikit tentang Sensor Ultrasonik PING. Penjelasan akan meliputi pengertian dan jenis-jenis dari Sensor Ultrasonik.

Jika anda menekuni hobi di bidang robotik tentunya sudah tidak asing dengan salah satu sensor yang banyak digunakan dan diaplikasikan pada robot. Sensor ini digunakan sebagai sensor navigasi pada robot. Lalu apasih sensor ultrasonik PING ini?

Pengertian Sensor Ultrasonik PING

Sensor ini merupakan sensor ultrasonik yang berfungsi untuk mengubah besaran bunyi menjadi besaran listrk dan sebaliknya. Sensor ping ini dapat mendeteksi jarak dari suatu obyek dengan cara memancarkan gelombang ultrasonik dengan frekuensi 40 KHz dan kemudian mendeteksi pantulannya. Sensor ini dapat mengukur jarak antara 3 cm sampai 300 cm. Keluaran dari sensor ini berupa pulsa yang lebarnya merepresentasikan jarak. Lebar pulsanya bervariasi dari 115 us sampai 18,5 ms. Pada dasarnya, sensor PING terdiri dari sebuah chip pembangkit sinyal 40 KHz, sebuah speaker ultrasonik dan mikropon ultrasonik. Speaker ultrasonik akan berfungsi sebagai pengubah sinyal 40 KHz menjadi besaran bunyi/suara dan mikropon ultrasonik akan berfungsi untuk mendeteksi pantulan suaranya.

Jenis-jeinis Sensor Ultrasonik

Terdapat 2 jenis sensor ultrasonik yang beredar di pasaran, yaitu:

1. Sensor Ultrasonik PING (Parallax)

Sensor ini adalah sensor 40 KHz produksi parallax yang banyak digunakan untuk aplikasi atau untuk robot cerdas. Kelebisan sensor ini adalah hanya membutuhkan 1 sinyal selain jalur 5 v dan ground.

Spesifikasi sensor:

  • Kirasan pengukuran 3 cm sampai 3 m.
  • Echo hold off 750 us dari of trigger pulse.
  • Delay before next measurement 200 us.
  • Input trigger – positive TTL pulse, 2 us min, 5 us tipikal.
  • Brust indicator LED menampilkan aktivitas sensor.

2. Sensor Ultrasonik Devantech SRF04

Sensor Devantech SRF04 adalah salah satu sensor jarak yang digunakan pada kontes robot cerdas di Indonesia. Sensor ini memberikan informasi jarak berkirah 3 cm sampai 3 m.

Spesifikasi sensor:

  • Catu Daya: 5 VDC.
  • Frekuensi burst: 40 KHz.
  • Kisaran pengukuran 3 cm sampai 3 m.
  • Input trigger: pulsa positive level TTL selebar 10us min.
  • Output: pulsa level TTL, lebar pulsa positive proporsional terhadap jarak.

Demikian pembahasan kali ini mengenai sensor ultrasonik, semoga pembahasan sensor ultrasonik ini bisa dipahami, mohon maaf jika ada kesalahan pada penjelasan dan semoga bermanfaat bagi yang telah membaca. Terima kasih..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here