web tracker

Pengertian Router dalam Jaringan Komputer

Home/Teknologi/Pengertian Router dalam Jaringan Komputer
  • Pengertian Router dalam Jaringan Komputer

Untuk artikel kali ini saya akan membahas sedikit mengenai alat yang biasa digunakan sebagai penghubung jaringan yaitu router. Router sendiri jika dijelaskan secara singkat adalah suatu alat yang berguna untuk menguhubungkan beberapa jaringan/network, baik itu jaringan yang sama atau jaringan yang berbeda dari segi teknologinya karena alat yang berbeda semisal topologi bus, star, atau ring. Untuk lebih detilnya, saya akan menjabarkan mengenai pengertian dan fungsinya lengkapnya.

Pengertian Router dalam Jaringan Komputer

Router adalah suatu perangkat yang dapat mengirimkan paket data melalui jaringan internet menuju perangkat lain, adapun proses nya disebut dinamakan routing.

Routing adalah proses yang terjadi saat pengiriman paket data dari jaringan satu ke jaringan yang lainnya yang terjadi melalui 3 lapisan dari stack protokol 7-lapis OSI.

Fungsi Router dalam Jaringan Komputer

Router memiliki fungsi untuk menghubungkan 2 jaringan atau lebih untuk menyalurkan data informasi dari jaringan satu ke jaringan lainnya. Dalam proses penyaluran sinyal data informasi, perangkat baik penerima atau pengirim harus terkoneksi dengan internet.

Fungsi utama dari router sendiri yaitu sebagai pembagi alamat IP secara stastis maupun dinamis kepada seluruh perangkat yang terhubung pada perangkat router. Setelah fungsi dari router tadi berjalan, maka setiap komputer yang terhubung akan memiliki IP address yang unik sehingga dapat terhubung dengan internet.

Penggunaan router sendiri paling sering ditemui di warnet, perkantoran, perhotelan dan berbagai usaha atau tempat yang menggunakan fasilitas layanan internet. Dengan adanya fungsi wireless, setiap perangkat atau gadget yang mampu menangkap sinyal gelombang radio, dapat menerima gelombang radio yang dipancarkan router sehingga dapat langsung terhubung dengan internet.

Jenis Router dalam Jaringan Komputer

Jenis router dalam jaringan komputer secara umum terbagi menjadi 2 jenis :

  1. Router statis adalah router yang di setting manual oleh administrator sehingga memiliki tabel routing statis
  2. Router dinamis adalah router yang mempunyai dan membuat tabel routing dinamis dengan melihat sinyal lalu lintas jaringan dan saling terhubung dengan router yang lainnya.

Cara Kerja Router dalam Jaringan Komputer

Cara kerja router dinamakan routing, routing adalah kemampuan untuk mengirimkan data atau informasi sesuai rute perjalanan menuju host baik dari jaringan yang sama atau jaringan yang berbeda. Logikanya sederhana, jika data ditujukan pada host di jaringan yang lain, maka router akan menjalankan ke jaringan tersebut. Namun, jika data ditujukan pada host dalam satu  jaringan yang sama, maka router akan menghalangi data itu keluar dari jaringan tersebut.

 

About the Author:

Aan Kartono
Just another normal human who love movies,music, and games

Leave A Comment