Random Access Memory

Untuk artikel kali ini saya akan membahas sedikit mengenai RAM atau Random Access Memory mulai dari pengertian sampai jenis-jenisnya.

Pengertian Random Access Memory

RAM (Random Access Memory) adalah sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara digunakan untuk menjalankan proses komputer saat sedang berjalan dan dapat diakses secara acak.

Karena RAM menyediakan ruang penyimpanan sementara untuk komputer, RAM dapat mempercepat pemeprosesan data pada komputer dalam menyimpan data-data yang mudah diambil sehingga dapat mempercepat loading data serta program yang diakses.Semakin besar RAM yang dimiliki maka akan semakin cepat pula kinerja komputer tersebut.

Jenis-Jenis Random Access Memory

  1. DRAM (Dynamic RAM) adalah suatu jenis memory yang secara berkala harus disegarkan oleh CPU (Central Processing Unit) agar data yang terkandung didalamnya tidak menghilang.
  2. SDRAM (Sychronous Dynamic Random Access Memory) adalah jenis memory yang merupakan kelanjutan dari DRAM akan tetapi telah disinkronisasi oleh clock sistem dan mempunyai kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan DRAM.
  3. SRAM (Static Random Access Memory) adalah jenis memory yang tidak memerlukan penyegaran oleh CPU sehingga data yang terkandung di dalamnya akan tetap tersimpan dengan baik. RAM dari jenis ini mempunyai kecepatan lebih tinggi di bandingkan dengan DRAM maupun SDRAM.
  4. RDRAM (Rambus Dynamic Access Memory) adalah jenis memory yang lebih cepat dan juga lebih mahal dari pada SDRAM. Memory ini bisa dipakai pada sistem yang menggunakan Pentium empat.
  5. EDORAM (Extended Data Out Random Access Memory) adalah jenis dari memori yang digunakan pada sistem yang telah menggunakan pentium. Jenis ini dapat menyimpan serta mengambil isi memori secara bersamaan, sehingga kecepatan baca maupun tulisnya menjadi lebih cepat.
  6. DDR RAM (Double Rate Random Access Memory) adalah Jenis memory yang merupakan dari teknologi SDRAM yang juga merupakan memory yang paling banyak digunakan untuk komputer saat ini. DDR terus berkembang dari DDR2 (Double Data Rate generation 2 RAM) lalu DDR3 (Double Data Rate generation 3 RAM), dan yang paling terbaru saat ini yaitu DDR4 (Double Data Rate generation 4 RAM), dan mungkin akan terus berkembang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here