Pengertian Proxy Server, Manfaat, Fungsi, serta Cara Kerjanya

Pada Pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Proxy Server. Penjelasan meliputi pengertian, manfaat, serta fungsi dari proxy server. Untuk lebih jelasnya kamu dapat membaca pembahasan dibawah ini.

A. Pengertian Proxy Server

Sebuah server yang menyediakan suatu layanan untuk meneruskan setiap permintaan user/client kepada server lain yang terdapat di internet atau program komputer yang dapat bertindak sebagai komputer lainnya untuk melakukan permintaan konten dari internet atau intranet.

B. Manfaat Proxy Server

Manfaat proxy secara umum ada 2 macam, yaitu :

  • Untuk meningkatkan kinerja jaringan

Proxy Server mempunyai kemampuan untuk menyimpan data permintaan dari aplikasi client, jika client sebelumnya pernah melakukan permintaan yang sama maka tidak perlu dihubungkan langsung ke sumber situsnya namu server akan mengambil data permintaan yang sama dari penyimpanan proxy. Dengan begitu, koneksi langsung pada server sumbernya bisa dibatasi. Maka penggunaan bandwidth internet untuk koneksi langsung menjadi lebih berkurang.

  •   Memfilter permintaan

Digunakan untuk membatasi akses/memfilter sebuah permintaan data dari suatu situs, server akan memfilter situs mana yang boleh dan tidak boleh diakses oleh client. Dan server proxy juga bisa digunakan untuk memfilter aplikasi yang digunakan client yang dapat menggunakan akses internet. Sehingga akan mengurangi gangguan internet yang diterima.

C. Fungsi Proxy Server

Merupakan pihak ketiga yang menjadi perantara antara jaringan local dan jaringan internet. Secara prinsip pihak pertama(Jaringan Local) dan kedua(Jaringan Internet) tidak langsung berhubungan, tetapi keduanya berhubungan dengan pihak ketiga yaitu proxy.

Proxy Server mempunyai 3 fungsi utama, yaitu :

  • Connection Sharing

Proxy akan bertindak sebagai gateway untuk menjadi pembatas antara jaringan lokal dengan jaringan luar. Gateway bertindak sebagai poros dimana koneksi dari jaringan lokal dan koneksi jaringan luar/internet juga terhubung pada gateway. Oleh karena itu, koneksi dari jaringan lokal ke internet akan terhubung dengan gateway secara bersama-sama karena menyediakan layanan sebagai perantara antara jaringan local dan jaringan luar/internet.

  • Filtering

Berfungsi juga sebagai filtering yang bekerja pada layer netmork sehingga froxy bisa difungsikan sebagai Firewall untuk melindungi jaringan lokal dari gangguan yang berasal dari jaringan internet. Fungsi filtering ini juga bisa diatur untuk membatasi akses terhadap konten situs web tertentu.

  • Caching

Proxy mempunyai mekanisme penyimpanan objek-objek yang telah di minta dari server-server yang ada di internet, dengan mekanisme itu maka akan melakukan penyimpanan objek-objek yang merupakan berbagai permintaan dari client yang di peroleh dari internet.

D. Tujuan Proxy Server

Bertujuan untuk menghasilkan speed internet dengan request yang cepat. Karena situs yang diakses tidak semua diambil dari publik, sebagian sudah tersimpan didalam cache atau simpanan dari proxy. Sehingga akan menghemat penggunaan bandwith internasional.

E. Cara Kerja Proxy Server

Client yang tersambung dengan proxy dan meminta layanan tertentu seperti file, koneksi, akses web page, ataupun lainnya. Proxy yang digunakan akan memfilter permintaan layanan tersebut sesuai dengan aturan filternya. Sebagai contoh, proxy server dapat menyaring traffic berdasarkan IP (Internet Protocol) address. Jika permintaan itu divalidasi oleh fiternya, maka proxy akan menyediakan apa yang diminta dengan menyambung ke server yang diminta dan meminta layanan dari server tersebut untuk clientnya.

Demikian pembahasan tentang pengertian proxy server, manfaat serta fungsinya, semoga pembahasan ini bisa dipahami dan dapat memberikan manfaat untuk yang telah membaca.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here