Proximity Sensor

Pada Pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang Proximy Sensor. Penjelasan meliputi pengertian, kemampuan serta prinsip kerja dari proximity sensor. Untuk lebih jelasnya silahkan baca pembahasan dibawah ini.

A. Pengertian Proximity Sensor

Proximity sensor merupakan sensor yang digunakan untuk mendeteksi suatu obyek benda berdasarkan jarak benda tersebut terhadap sensor. Proximity sensor ini akan mendeteksi obyek benda dengan jarak yang cukup dekat berkisar 1 mm sampai beberapa centimeter dari sensor. Sensor ini sering diimplementasikan pada industry pabrik, perkantoran, dunia robot, dan lain-lain.

Berdasarkan penggunaanya, sensor proximity merupakan sensor yang mampu mendeteksi keberadaan suatu obyek logam maupun non logam tanpa menggunakan kontak fisik.

B. Jenis-Jenis Proximity Sensor.

Sensor proximity ini memiliki 3 jenis sensor sesuai dengan kebutuhan sebagai berikut:

• Proximity Inductive.

Jenis sensor ini digunakan untuk mendeteksi adanya sebuah logam. Sensor ini akan bekerja apabila terdapat suatu tegangan sumber, dan isolator pada sensor akan membangkitkan sebuah medan magnet dengan frekuensi tinggi. Dengan proses ini, apabila terdapat sebuah bahan logam yang terdeteksi oleh permukaan sensor maka medan magnet yang di hasilkan akan berubah dan perubahan ini yang akan membuat sensor memberikan sinyal.

• Proximity Capacitive.

Sensor ini sedikit berbeda dengan sensor inductive, sensor ini tidak hanya dapat mendeteksi benda logam saja tetapi juga bisa mendeteksi benda non logam dengan mengukur perbedaan kapasitansi medan listrik pada kapasitor. Penggunaan sensor ini biasanya digunakan pada bagian belakang mobil untuk memudahkan mengatur posisi parker sebuah kendaraan.

• Proximity Optic Sensor.

Sensor proximity optik ini mendeteksi keberadaan suatu obyek dengan cahaya biasnya atau pantulan cayaha(refleksi) yaitu infra red. Bila terdapat benda dengan jarak yang cukup dekat dengan sensor, maka cahaya yang terdapat pada sensor akan memantul kembali pada penerima(receptor) sehingga penerima akan menangkap sinyal tersebut sebagai tanda bahwa ada obyek yang melewati sensor. Salah satu implementasi sensor proximity optik ini yang paling dekat dengan keseharian kita adalah pada penggunaan touch screen pada ponsel.

C. Cara Kerja Proximity Sensor

Seperti apa yang sudah dijelaskan diatas, sensor ini bekerja berdasarkan jarak obyek terhadap sensor. Ketika ada suatu obyek logam maupun non logam mendekat pada sensor dengan jarak yang cukup dekat maka sensor akan mendeteksi obyek dan menangkap sinyal sebagai tanda bahwa ada obyek yang melewati sensor.

Demikian penjelasan singkat tentang proximity sensor, mohon maaf jika ada kesalahan dalam penjelasan dan semoga dapat bermanfaat. Terima kasih..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here