Pengertian IP Address Beserta Fungsi dan Kelasnya

Pengertian IP Address dalam Jaringan Internet

IP Address atau alamat IP adalah sebuah deretan angka biner yang dimulai dari 32 bit sampai dengan 128 bit yang dipakai untuk pengidentifikasian tiap perangkat hostname dalam jaringan internet. Ada 2 jenis alamat Ip yang digunakan yaitu IPv4 dan IPv6, Jenis alamat ip IPv4 atau dikenal dengan internet protocol version 4 menggunakan deretan angka 32 bit, sedangkan jenis alamat ip IPv6 atau internet protocol version 6 menggunakan deret angka 128 bit.

Alamat IP tiap hostname berbentuk unik, dan tiap perangkat memiliki ip address yang berbeda-beda.

Fungsi IP Address dalam Jaringan

IP Address memiliki 2 fungsi yakni sebagai identitas dan sebagai alamat lokasi hostname.

1. Sebagai Identitas

Fungsi alamat IP sebagai identitas erat kaitannya dalam penamaan sebuah perangkat (hostname). Pada komputer atau host penamaan ini berupa angka biner antara 32 bit-128 bit.

2. Sebagai Alamat atau Lokasi sebuah Host

Fungsi alamat IP lainnya yakni sebagai alamat atau lokasi sebuah host berada. Fungsi inilah yang paling banyak digunakan biasanya untuk mentransfer data atau sebuah file baik itu melalui penggunaan DHCP server, penggunaan DNS dan sebagainya.

Pembagian Kelas IP Address

1. Kelas A

Kelas alamat IP tipe A ini terdiri dari 8 bit digunakan untuk network ID dan 24 bit untuk host ID. Oktet pertama mulai dari angka 1-126, bit pertama 0 (nol), dan jumlah network 126 serta jumlah ip address 16juta lebih.

2. Kelas B

Kelas alamat IP tipe B ini terdiri dari 16 bit untuk network ID dan 16 bit untuk host ID. Oktet pertama mulai dari angka 128-191, 2 bit pertama 10, jumlah network 16ribuan lebih dan jumlah ip address 65ribuan lebih.

3. Kelas C

Kelas alamat IP tipe C terdiri dari 24 bit untuk network ID dan 8 bit untuk host ID. Untuk 3 bit pertama adalah 110, oktet pertama 192-223, jumlah network 2jutaan lebih dan jumlah ip address 254.

4. Kelas D

Kelas alamat IP tipe D ini tidak mengenal network ID atau host ID karena memiliki sistem multicasting. Untuk bit pertama adalah 1110, oktet pertama 224-239, bit cadangan 18 bit sedangkan bit-bit lainnya bisa diatur sesuai keperluan multicast pada grupnya.

5. Kelas E

Kelas alamat IP tipe D ini tidak mengenal network ID atau host ID karena memiliki sistem multicasting. Untuk bit pertama adalah 11110, oktet pertama 240-255, pada kelas E ini biasanya digunakan sebagai ruang alamat cadangan untuk percobaan/eksperimental.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here