Hard Disk Drive

Pengertian HardDisk Drive

Hard Disk Drive biasa juga disebut Hard disk atau HDD adalah perangkat penyimpanan data yang digunakan untuk menyimpan dan mengambil informasi digital menggunakan cakram yang dilapisi dengan bahan magnetik. Ada dua tipe Hard Disk yang digunakan yaitu Hard Disk internal dan eksternal,pada dasarnya kedua Hard Disk tersebut sama hanya tempatnya saja yang berbeda. Hard Disk internal terpasang langsung di dalam komputer sedangkan Hard Disk eksternal jauh lebih portable karena tidak langsung terpasang di komputer.

Fungsi HardDisk Drive

Pada dasarnya, Hard Disk Drive berfungsi untuk menyimpan Data Digital. Semua data yang tersimpan di komputer, ada di Hard Disk. Seperti dokumen, gambar, musik, video, program,  bahkan Sistem Operasi komputer semuanya disimpan di dalam Hard Disk komputer.

Jika Hard Disk pada komputer rusak, maka semua data yang tersimpan akan hilang. Hal tersebut juga merupakan alasan kenapa sebagian besar orang atau perusahaan memiliki sebuah data cadangan. Mereka memiliki media penyimpan yang lain dan menyalin semua file penting mereka ke media tersebut.

Kecepatan pada HardDisk Drive

Kemampuan membaca data Hard Disk Drive saat ini adalah 5.400 RPM dan 7.200 RPM, 10.000 RPM, bahkan sampai dengan 15.000 RPM. Adapun fungsi dari kecepatan membaca data pada Hard Disk yaitu seperti saat mencoba untuk menghidupkan komputer, menjalankan Program, membuka File, atau melakukan hal lainnya menggunakan komputer, pada saat itu juga hard disk pada komputer sedang bekerja. Cakram yang ada di dalam hard disk berputar, semakin cepat cakram itu berputar, semakin cepat pula komputer dapat mengeksekusi perintah yang diberikan.

Itu artinya kecepatan komputer akan sangat dipengaruhi oleh kecepatan putaran cakram yang ada di dalam hard disk komputer, oleh karena itu semakin tinggi kecepatan Hard Disk semakin baik juga kinerja pada komputer.

Perbedaan HardDisk Internal dan Eksternal

Hard Disk Internal

  1. Hard disk internal menyediakan penyimpanan data dengan kecepatan tinggi.
  2. File dan program akan langsung tersimpan di komputer.
  3. Digunakan sebagai tempat penyimpanan Sistem Operasi dan program-program penting lainnya.
  4. Hard Disk internal harus dipasang langsung di dalam komputer agar dapat berfungsi.

Hard Disk Eksternal

  1. Hard Disk eksternal jauh lebih praktis.
  2. Hard Disk eksternal bisa disambungkan ke komputer melalui port yang ada di komputer kapan pun dibutuhkan.
  3. Hard Disk eksternal biasanya digunakan sebagai penyimpanan data cadangan apabila Hard Disk Internal sudah penuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here