Pengertian Gyroscope dan Cara Kerjanya

Setelah kemarin saya membahas accelerometer tidak lengkap jika saya juga tidak membahas gyroscope,oleh karena itu untuk artikel kali ini saya akan membahas apa itu gyroscope, kegunaan serta cara kerjanya.

Pengertian Gyroscope

Gyroscope adalah perangkat untuk mengukur atau mempertahankan orientasi, dengan prinsip ketetapan momentum sudut, alat ini bekerja sama dengan accelerometer. Mekanismenya adalah sebuah roda berputar dengan piringan didalamya yang tetap stabil. Alat ini sering digunakan pada robot atau drone serta alat-alat canggih lainnya.

Pada gyroscope terdapat gyro sensor untuk menentukan orientasi gerak dengan bertumpu pada roda atau cakram yang berotasi dengan cepat pada sumbu. Gyro sensor sendiri memiliki fungsi untuk mendeteksi gerakan sesuai gravitasi, atau dengan kata lain mendeteksi gerakan pengguna.

Prinsip Kerja Gyroscope

Sebelum digunakan, gyro sensor harus dilakukan kalibrasi terlebih dahulu dengan menggunakan bandul. Proses kalibrasi tersebut berfungsi untuk memperoleh nilai faktor kalibrasi. Gyroscope memiliki keluaran berupa kecepatan sudut dari arah 3 sumbu yaitu, sumbu x yang nantinya akan menjadi sudut phi (kanan dan kiri) dari sumbu y nantinya menjadi sudut theta (atas dan bawah), dan sumbu z nantinya menjadi sudut psi (depan dan belakang).

Kegunaan Gyroscope

  1. Di masa lalu, gyroscope sudah digunakan untuk navigasi,penggunaan kontrol rudal, dan penerbangan.
  2. Pada ponsel android Gyroscope dapat memberikan informasi orientasi tapi dengan lebih presisi sampai perputaran 360 derajat. Berkat sensor khusus ini, fitur kamera Android photo sphere dapat memberikan informasi berapa banyak perangkat telah diputar dan ke arah mana
  3. Gyroscope juga diterapkan pada game yang kebanyakan yaitu berupa game android dimana penggunaan pada game contohnya adalah sebuah game berbasis 3D dan memiliki ruang yang cukup luas, sebagai contoh pada sebuah game biasanya kita harus mengusap layar ke berbagai arah untuk melihat ruang disekitar,namun dengan adanya alat ini pengguna hanya harus menggerakan gadget searah dengan arah yang diinginkan.

Kelebihan Gyroscope

  1. Dapat mendeteksi gerakan dari segala arah.
  2. Hasil gambar yg di hasilkan dari gerakan lebih halus/tidak patah-patah seperti pada accelerometer.
  3. Tidak di pengaruhi oleh gravitasi.

Kekurangan Gyroscope

  1. Harganya yang cukup mahal.
  2. Hanya dapat digunakan jika ada accelerator.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here