Pengertian dan Fungsi VGA Card

VGA card merupakan singkatan dari Virtual Graphics Array dikenal juga dengan sebutan video card, video adapter, display card, display card, graphics card, atau display adapter. VGA card memiliki fungsi utama yakni untuk mengola dan menerjemahkan output komputer/PC ke layar monitor. Jadi, apabila layar monitor tidak mengeluarkan tampilan apapun atau hanya hitam gelap saja, bisa dipastikan salah satu penyebabnya adalah VGA card rusak atau pemesangan slot yang tidak tepat. Kita akan membahas lebih detail tentang pengertian VGA card, fungsi VGA card, dan jenis-jenis VGA card.

Pengertian VGA Card

VGA Card atau kartu VGA adalah suatu perangkat keras komputer yang berfungsi untuk mengola dan menerjemahkan inputan data berupa grafis komputer kemudian mengeluarkan output berupa tampilan ke layar monitor. Kartu VGA memiliki Graphics Processing Unit (GPU) sebagai procesor dan juga membutuhkan memory.

Jenis-Jenis VGA Card

Jenis VGA Card Berdasarkan Memori

Jenis kartu VGA berdasarkan klasifikasi memori yang digunakan ini dibedakan menjadi beberapa jenis yakni:

1. Dynamic RAM (DRAM)

Kartu VGA DRAM ini biasanya digunakan untuk komputer dengan spesifikasi umum yang tidak terlalu mementingkan kecepatan tinggi dan pilihan warna yang banyak. Kecepatan DRAM ini biasanya 80ns/70ns yang ditanamkan pada kartu VGA 8 bit, 16 bit atau 32 bit.

2. EDO RAM

Kartu VGA EDO RAM ini biasanya digunakan pada komputer dengan kartu grafik 64 bit. EDO RAM memiliki kecepatan 60ns-35ns yang ditanamkan pada Diamond Stealth 2000 3D, VGA Card winfast s280/2600 3D, ATi Mach 64 dan lain-lain.

3. SGRAM (VRAM)

Kartu VGA Synchronous Graphic RAM (SGRAM) ini biasanya digunakan oleh komputer dengan kartu grafis berkelas tinggi, misalnya komputer untuk 3D accelerator. Kecepatan SGRAM ini kurang dari 10ns, sehingga banyak digunakan pada VGA Card misalnya Diamond Stealth II s220, Matrox Mystique 3D,  ASUS 3D Explore, dan lain-lain.

4. RAMBUS

Kartu VGA RAMBUS ini biasanya digunakan pada mesin-mesin video game seperti Nitendo atau Sega. Jadi, kartu grafis ini hanya di produksi terbatas oleh Creative Labs.

Jenis VGA Card Berdasarkan Bentuk Fisiknya

Jenis kartu VGA berdasarkan bentuk fisiknya ini terbagi menjadi beberapa jenis diantaranya:

1. VGA Card ISA (1981 ISA 8 bit, 1984 ISA 16 bit)

VGA ISA merupakan jenis kartu VGA lama yang pemasangan slotnya pada ekspandi ISA (Industry Standart Architecture) bus pada komputer yang menggunakan sistem 8 bit atau 16 bit. VGA ISA memiliki kecepatan transfer data grafis yang lambat dan kombinasi warna yang terbatas

2. VGA Card EISA (1988 EISA 32 bit)

VGA EISA merupakan jenis kartu VGA lama dengan pemasangan slot pada ekspansi EISA (Extended Industry Standart Architecture ) pada komputer 32 bit.  Kartu VGA ini memiliki kualitas transfer data, kehalusan gambar dan kombinasi warna yang kurang maksimal

3. VGA Card PCI (1993 32 bit dan 64 bit)

VGA PCI merupakan jenis Kartu VGA yang dipasang pada slot PCI (Peripheral Component Interconnect) bus pada komputer 32 bit dan 64 bit. VGA Card PCI sudah jarang digunakan oleh generasi komputer saat ini.

4. VGA Card AGP

VGA AGP ini merupakan jenis Kartu VGA yang dipasang pada slot AGP (Accelerate Graphics Port) komputer 128 bit atau 256 bit. Kartu VGA AGP ini hanya bisa dipasangkan jika pada motherboard sudah ada slot AGP, sehingga VGA AGP ini bisa maksimal untuk meningkatkan transfer data grafis dari CPU ke monitor.

5. VGA Card PCIe (2004 PCIe)

VGA PCIe ini merupakan jenis Kartu VGA Card yang dipasangkan pasa slot PCIe (Peripheral Component Interconnect Express) komputer yang berangkaian seri sistem I/O-nya (PCIe 1x, PCIe 4x, PCIe 8x, dan PCIe 16x). VGA PCIe ini memiliki kecepatan transfer mencapai 32GB/s sehingga termasuk perangkat teknologi mutakhir yang dipasang untuk perangkat interface sekarang ini.

Fungsi VGA Card pada Komputer / PC

Fungsi VGA card yang utama pada komputer adalah mengola dan menerjemahkan data grafis atau sinyal digital pada komputer menuju layar monitor dalam bentuk tampilan grafik. Pada komputer standart terpadat VGA onboard yang artinya sudah terpasang dari awal dan hanya bisa membantu tampilan standart, namun untuk game atau desain 3D, maka diperlukan Kartu VGA dengan spesifikasi yang tinggi misalnya ATI atau Nvidia agar tampilan grafiknya lebih bagus dan tidak terlalu memberatkan kerja komputer. Pada umumnya komputer yang memiliki Kartu VGA yang memorinya besar bisa digunakan untuk:

  1. Membuat tampilan grafik dalam bermain game seperti dota atau Game PC lainnya menjadi lebih jelas dan cepat.
  2. Membuat tampilan kombinasi warna, grafis, dan kecepatan transfer grafis menjadi lebih bagus.
  3. Membuat tampilan komputer lebih jernih, jelas dan tajam.
  4. Bisa melakukan setting pada Graphics option windows

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here