Accelerometer

Untuk artikel kali ini saya akan menjelaskan beberapa hal mengenai accelerometer, mulai dari pengertian, prinsip, fungsi, sampai dengan kelebihan dan kekurangannya.

Pengertian Accelerometer

Accelerometer adalah sensor yang digunakan untuk mengukur percepatan suatu objek. Accelerometer dapat mengukur percepatan dinamis dan percepatan statis. Pengukuran dinamis adalah pengukuran percepatan pada objek bergerak, sedangkan pengukuran statis adalah pengukuran terhadap gravitasi bumi.

Prinsip Kerja Acceelerometer

Sesuai dengan namanya prinsip kerja dari accelerometer adalah prinsip percepatan (acceleration). Sebuah per dengan beban dan dilepaskan, beban bergerak dengan suatu percepatan sampai kondisi tertentu lalu berhenti. Bila ada sesuatu yang menggoncangkannya maka beban akan berayun kembali.

Pengukuran kapasitansi inilah yang umumnya menjadi hasil pengukuran chip. Agar sensor bisa mendeteksi 3 dimensi, maka dibutuhkan 3 pasang plat yang dipasang tegak lurus antar masing-masing.

Fungsi Accelerometer

  1. Pada Kamera video juga memanfaatkan accelerometer untuk menstabilkan tangkapan gambar (image stabilization), untuk bisa meminimalisir blur saat menangkap gambar.
  2. Untuk kontrol antarmuka pengguna, accelerometer sering digunakan untuk menyajikan pandangan landscape atau potret layar perangkat, berdasarkan cara perangkat yang sedang digunakan. Misalnya mengganti tampilan layar dari vertical (portrait) menjadi horizontal (landscape).
  3. Pada accelerometer ponsel ada yang namanya fungsi shake control,dengan fungsi ini maka dengan hanya menggoyangkan ponsel kita bisa mengubah fitur, misalnya mengubah lagu yang sedang di putar ke lagu selanjutnya atau lagu sebelumnya.
  4. Penggunaan lain dari accelerometer adalah sebagai pedometer, atau penghitung langkah. Dipakai di banyak gadget sebagai monitor banyaknya langkah saat berolah raga. Apple dan Nike bekerjasama mengeluarkan produk sepatu yang bisa memiliki fungsi seperti berkomunikasi dengan pemutar lagu pada Ipod, mengirimkan data tentang banyak langkah yang sudah dilakukan, jumlah kalori terbakar, dan waktu bergerak.

Kelebihan Accelerometer

  1. Harganya lebih terjangkau.
  2. Dapat memberikan pengukuran sudut tegak lurus yang akurat ketika sistem sedang diam (statis).

Kekurangan Accelerometer

  1. Tidak bisa mengikuti pergerakan yang cepat dikarenakan responnya yang cukup lamban.
  2. Membutuhkan penggunaan listrik yang tinggi (boros baterai).
  3. Hanya dapat membacaca dalam 2 sumbu, yaitu atas dan bawah karena dipengaruhi oleh gravitasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here