Teknologi 5G

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas sedikit tentang generasi penerus 4G LTE yaitu teknologi 5G. Untuk lebih jelasnya silahkan baca penjelasan dibawah ini.

Teknologi telekomunikasi merupakan salah satu teknologi yang berkembang dengan sangat cepat. Sejalan dengan kemajuan zaman sekarang teknologi telekomunikasi atau biasa disebut dengan mobile communication (komunikasi bergerak) banyak diminati oleh masyarakat. Hal ini bisa dilihat dari perkembangan teknologi di bidang telekomunikasi yang berkembang sangat cepat khususnya dibidang seluler, ini di karenakan kebutuhan untuk berkomunikasi dan bertukar data dengan cepat, mudah, dan mobile. Sekarang ini teknologi telekomunikasi bergerak (mobile technology) berkembang sangat cepat dimulai dengan layanan 1G dan bahkan 5G. Untuk saat ini komunikasi mobile sudah mulai memasuki komunikasi mobile generasi ke 5 (5G).

Generasi ke 5 komunikasi mobile atau jaringan 5G adalah istilah yang digunakan untuk menyebut generasi kelima sebagai fase berikutnya dari standar telekomunikasi seluler yang melebihi 4G. jaringan 5G saat ini masih dalam pengembangan dan teknologi generasi kelima ini di rencanakan akan resmi dirilis untuk sistem operasi seluler pada tahun 2020. Teknologi 5G dapat mempercepat kehudupan digital  di masa depan. Teknologi tersebut memungkinkan “Everything on Mobile and Connected” dimana semua hal dapat di operasikan melalui perangkat mobile dan memungkinkan semua terkoneksi kapan saja dan dimana saja.

Dalam teknologi 5G, data akan dikirim melalui gelombang radio dan gelombang radio akan terbagi menjadi frekuensi-frekuensi yang berbeda. Setiap frekuensi disiapkan untuk tipe komunikasi yang berbeda, seperti aeronautical dan sinyal navigasi maritim, siaran televise dan mobile data. Penggunaan frekuensi-frekuensi ini diregulasikan oleh International Telecommunication Union (ITU). ITU telah merestrukturasi bagian-bagian gelombang radio secara komprehensif untuk memtransmisikan data sambil mengembangkan teknologi komunikasi yang sudah ada termasuk 4G dan 3G.

Teknologi 5G akan jauh lebih cepat daripada 4G. Dengan kecepatan yang lebih dari 1 Gbps, file film berukuran 1GB seharusnya hanya perlu waktu sekedipan mata sampai selesai terunduh. Uji coba infrastruktur teknologi 5G yang dilakukan oleh SK Telecom dan KOTSA di Korea Selatan misalnya,  mencatat waktu unduh berkas sebesar 1GB adalah 0,4 detik. Teknologi 5G diprediksi memiliki kecepatan sekitar 800Gbps atau seratus kali lebih cepat dari kecepatan generasi sebelumnya yaitu Long Term Evolution(LTE).

Demikian pembahasan tentang teknologi 5G, mohon maaf jika ada kesalahan dalam penjelasan dan semoga bermanfaat. Terima kasih..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here