Google Jamboard

Pada jaman sekarang dunia kerja sudah mulai menggunakan Internet dan Cloud. Dengan adanya layanan seperti G-Suite, tatap muka dalam rapat tidak lagi diperlukan. Selain itu kadangkala sesi brainstorming akan berlangsung lebih efektif ketika kita semua berkumpul dan mencantumkan ide-ide di atas papan tulis. Apa itu brainstorming? Brainstorming adalah metode untuk memunculkan penyelesaian masalah yang kreatif dengan mendorong anggota kelompok untuk melemparkan ide sembari menahan kritik atau penilaian. Brainstorming, dalam banyak bentuknya, telah menjadi tool standar untuk pengembangan ide baru. Perangkat ini bernama Google Jamboard.

Perangkat ini pada dasarnya merupakan sebuah monitor 4K berukuran 55 inci. Seluruh bentang layarnya merupakan touchscreen, perangkat ini seperti sebuah papan tulis digital. Untuk itu, Google pun telah membekali setiap unitnya dengan sepasang stylus dan penghapus, plus sebuah webcam, speaker dan Wi-Fi. Selain itu, Google turut menyertakan dukungan fitur-fitur seperti HDMI, USB type-C, Wi-Fi, NFC, kamera untuk video conferencing, dan gigabit ethernet.

ddGoogle Jamboard ini juga dilengkapi dengan roda sehingga mudah dipindahkan dari satu ruangan ke ruang yang lain.

Ada banyak fitur Jamboard yang bisa digunakan pada sesi brainstorming. Setiap anggota tim yang terhubung via aplikasi smartphone dan tablet dapat mengeluarkan idenya dengan mudah, dapat berupa gambar, konten lain dari hasil pencarian web, atau bisa juga dokumen dari Google Docs maupun Drive.

Fitur lain dari jamboard ini seperti sticky note yang digunakan untuk menempelkan notoe maupun handwriting dan shape recognition juga tersedia. Dimana fitur handwriting dan recognition ini akan mengenali tulisan tangan  dan menampilkanya dalam tulisan baku di layar. Dan yang lebih menariknya lagi, semua ide yang dicantumkan atau hasil rapat yang telah selesai akan tersimpan dalam Google Drive. Jadi meskipun rapat telah usai, anda masih bisa melanjutkan sesi brainstorm itu sendiri.

Menurut Google, perpaduan antara hardware dan software yang apik pada Jamboard didasari oleh masukan dari perusahaan-perusahaan yang memang menggunakan layanan G Suite, Netflix, dan Spotify. Google Jamboard rencananya akan dipasarkan mulai tahun depan seharga $6.000.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here