Mengenal Bahasa Pemrograman Python

Salah satu Bahasa pemerograman yang sering digunakan adalah Python. Mari kita bahas tentang bahasa pemrograman ini.

Bahasa Pemrograman Python

Python adalah bahasa pemrograman tujuan umum yang dibuat pada akhir 1980an, dan dinamai menurut Monty Python, yang digunakan oleh ribuan orang untuk melakukan berbagai hal mulai dari pengujian microchip di Intel, untuk menyalakan Instagram, untuk membangun video game dengan pustaka PyGame. Ini kecil, sangat mirip dengan bahasa Inggris, dan memiliki ratusan perpustakaan pihak ketiga yang ada.

Jadi, apa alasan utama mengapa secara pribadi saya menyarankan untuk mempelajari bahasa ini dan merekomendasikannya kepada sebanyak mungkin orang? Itu mempunyai tiga alasan.

Mudah Dibaca

Python sangat mirip dengan bahasa Inggris, menggunakan kata-kata seperti ‘tidak’ dan ‘masuk’ untuk sampai ke tempat Anda dapat sering membaca sebuah program, atau naskah, dengan keras kepada orang lain dan tidak merasa seperti Anda sedang berbicara dengan bahasa yang misterius. Ini juga dibantu oleh aturan tanda baca yang sangat ketat yang berarti Anda tidak memiliki kurung kurawal ({}) di seluruh kode Anda.

Selain itu, memiliki seperangkat aturan, yang dikenal sebagai PEP 8, yang memberi tahu setiap pengembang Python cara memformat kode mereka. Ini berarti Anda selalu tahu di mana meletakkan baris baru dan, yang lebih penting lagi, bahwa hampir semua script lainnya yang Anda ambil, entah itu ditulis oleh pemula atau profesional berpengalaman, akan terlihat sangat mirip dan mudah dibaca.

Libraries

Python telah ada selama lebih dari 20 tahun, jadi banyak kode yang ditulis dengan Python telah dibangun selama beberapa dekade dan, sebagai bahasa pemrograman open source, banyak yang telah dirilis untuk digunakan orang lain. Hampir semuanya dikumpulkan di https://pypi.python.org, diucapkan “pie-pee-eye” atau yang lebih sering disebut “the CheeseShop”. Anda dapat menginstal perangkat lunak ini di sistem Anda untuk digunakan oleh proyek Anda sendiri. Misalnya, jika Anda ingin menggunakannya untuk membangun skrip dengan argumen commandline, Anda akan menginstal perpustakaan “klik” dan kemudian mengimpornya ke skrip Anda dan menggunakannya. Ada banyak perpustakaan untuk kasus penggunaan apapun yang bisa Anda dapatkan, mulai dari manipulasi gambar, hingga perhitungan ilmiah, hingga otomasi server.

Komunitas

Bahasa Pemrograman ini memiliki kelompok pengguna di mana-mana, biasanya disebut PUG, dan melakukan konferensi besar di setiap benua selain Antartika. PyCon NA, konferensi Python terbesar di Amerika Utara, menjual 2.500 tiketnya tahun ini. Dan, yang mencerminkan komitmen Python terhadap keragaman, ia memiliki lebih dari 30% pembicara wanita. PyCon NA 2013 juga memulai sebuah tren untuk menawarkan lokakarya “Young Coder”, di mana peserta mengajar Python kepada anak-anak berusia antara 9 dan 16 tahun selama sehari, membuat mereka terbiasa dengan bahasa tersebut dan, pada akhirnya, membantu mereka meretas dan memodifikasi beberapa permainan di Pisang Raspberry mereka diberi. Menjadi bagian dari komunitas yang begitu positif memang banyak membuat Anda termotivasi. Simak PyCon untuk menemukan konferensi yang mendekati Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here