Apa Itu Hologram

Apa itu Hologram? Mendengar kata hologram mungkin untuk sebagian orang melihat teknologi keren ini hanya sebatas mimpi saja yang hanya bisa dilihat di film-film, namun kenyataannya saat ini teknologi keren ini bukan lagi sebatas mimpi dan bisa jadi kenyataan. Sebenarnya apa itu teknologi hologram itu?  Disini saya akan mengulas sedikit tentang apa itu teknologi hologram. Berikut ulasannya.

Apa Itu Hologram?

Hologram adalah teknologi fotografi yang merekam cahaya yang tersebar dari suatu objek dan kemudian menyajikannya dalam bentuk 3 dimensi. Gambar 3 dimensi tersebut dapat kita lihat sampai 360 derajat dan dapat bergerak dengan animasi dan suara, agar dapat menyampaikan informasi baik secara realtime maupun tidak. Teknologi keren ini sedang dikembangkan untuk membantu manusia dalam proses komunikasi.

Sejarah Teknologi Hologram

Salah satu teknologi rekayasa optik ini sebenarnya sudah dikembangkan sejak akhir tahun 1940-an oleh fisikawan Hungaria bernama Dennis Gabor. Dennis mendapatkan nobel fisika tahun 1971 atas karyanya dalam penemuan dan pengembangan metode holografi(Ilmu dan praktik pembuatan hologram). Bagor tidak sengaja menemukan teknik holografi ini dalam usaha penelitiannya mengenai pengembangan mikroskop electron, dan kemudian penelitiannya itu menjadi pondasi holography modern. Dan hologram statis 3 dimensi pertama kali diproduksi pada tahun 1960-an setelah sinar laser ditemukan oleh ilmuan Uni Soviet yang bernama Yuri Denisyuk.

Jenis-Jenis Hologram

  • Hologram seal/segel yaitu hologram itu dapat rusak bisa dicabut dari tempatnya menempel.
  • Hologram label yaitu hologram itu tidak akan rusak ketika dilepas dari tempatnya menempel.
  • Hologram 3D.

Kelebihan Hologram

  • Komunikasi langsung tanpa batas karena kendala jarak dapat di atasi dengan mudah.
  • Mempermudah media massa, khususnya media massa elektronik dalam menyampaikan informasi.
  • Lebih menarik dibandingkan dengan 3D, teleconference atau videoconference karena pengguna merasa seperti berkomunikasi langsung sehingga komunikasi menjadi lebih hidup.

Kekurangan Hologram

  • Orang akan malas untuk repot karena sudah dimanjakan oleh teknologi ini.
  • Mudah terjadi manipulasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, sehingga dapat terjadi tidak kejahatan dan penipuan karena menggunakan objek palsu.
  • Orang bisa melakukan kejahatan mencuri data-data rahasia tanpa harus datang ke tempat penyimpanan data secara langsung.
  • Para orang tua akan kehilangan waktu privatenya dengan anak-anak karena mereka akan lebih memilih memanfaatkan waktu dengan melakukan kegiatan sebanyak-banyaknya.

Cara Kerja Hologram

Sistem ini menggunakan proyeksi Holographic Laser Projection (HLP) dan sensor infra merah untuk membuat layar yang mendukung gerakan multi-touch. Layaknya layar IPhone, anda dapat bermain game di atasnya, menonton video, melihat foto, melakukan browsing internet dengan jari-jari anda.

Demikian sedikit ulasan tentang teknologi hologram, semoga bermanfaat dan dapat menambah ilmu serta wawasan. Terimakasih..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here