Chatbot

Apakah anda pernah mendengar istilah “chatbot”? Atau mungkin anda pernah iseng mencoba menggunakan aplikasi bernama SimSimi? Ya aplikasi SimSimi merupakan salah satu aplikasi chatbot sederhana yang memungkinkan penggunanya melakukan obrolan ringan dengan tokoh virtual yang bernama Simi. Semakin sering dan banyak kosakata yang kita berikan maka Simi akan memberikan respon yang semakin variatif.

Apa Itu Chatbot?

Chatbot atau chatterbot adalah sebuah layanan obrolan robot/tokoh virtual dengan kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligent) yang menirukan percakapan manusia melalui pesan suara, obrolan teks ataupun keduanya. Intinya adalah percakapan virtual dimana satu pihak adalah sebuah robot chat yang bertujuan untuk sarana hiburan.

Fitur chatbot ini telah digunakan di berbagai industri untuk menyampaikan informasi atau melakukan tugas, seperti untuk memberitahu cuaca terkini (Weather Bot), membantu memilih dan memasan bahan makanan (Grocery Bot), membantu melakukan reservasi penerbangan, membantu memberikan solusi atas suatu (Life Advice Bot) dan bot sebagai teman untuk bercakap-cakap seperti SimSimi.

Chatbot menggunakan berbagai teknologi yang mutakhir di dalamnya, seperti Artificial Intelligence (AI), Machine Learning, Deep Learning, dan Natural Lenguage Processing (NLP). Machine Learning dapat di aplikasikan sebagai mesin yang mempelajari, menganalisa dan mengenal bermacam-macam Bahasa pada chatbot, sementara Natural Lenguage Processing (NLP) memiliki kemampuan untuk mengerti dan memahami Bahasa manusia lalu memberikan respon yang sesuai dengan Bahasa yang digunakan pengguna chatbot.

Cara Kerja Chatbot

Pada dasarnya bots bekerja dengan cara melihat kata kunci dalam data yang masuk dan membalasnya dengan kata kunci yang paling cocok, atau pola kata-kata yang paling mirip dari basis data tekstual. Artinya, jika pengguna mengirim suatu permintaan maka bots akan membalasnya dengan respon yang spesifik sesuai dengan kata kunci yang dikirim. Sebagai contoh, misalnya pengguna mengirim atau mengetikkan suatu pertanyaan “Jam berapa toko anda buka besok pagi?” maka dengan informasi yang sudah tersedia, bots akan segera merespon sesuai dengan pertanyaan tersebut “Toko kami besok buka jam 9 pagi dan tutup jam 5 sore”. Disini anda hanya perlu memberikan perintah atau melakukan sebuah percakapan baik itu dalam bentuk teks maupun audio, dan bots akan mencari data yang anda butuhkan sesuai dengan kata kunci yang anda berikan.

Demikian pembahasan kali ini, mohon maaf jika ada kesalahan dalam penjelasan dan semoga bermanfaat. Terima kasih..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here