Linux

Banyak orang menghabiskan  waktu, tenaga dan uang untuk menjaga keamanan sistem mereka. Mungkin mereka juga menghabiskan banyak waktu untuk memantau jaringan, mencari anomali tanda yang bisa menunjukkan adanya celah maupun kejanggalan. Banyak orang bertanya mengapa linux lebih aman dari windows? Mereka pun menggunakan berbagai antivirus dan firewall.

Tapi apakah itu semua menjamin keamanan sistem operasi mereka? Apakah OS desktop yang dipilih user menjadi facktor keamanan?

Berikut beberapa factor kenapa linux lebih baik dalam security

1. Privileges (Hak Akses Istimewa)

Sistem Linux mempunyai keuntungan utama yang terletak pada cara pemberian hak akses istimewa terhadap akun ditetapkan. Di Windows, user umumnya diberi akses administrator secara default, yang berarti mereka cukup banyak memiliki akses terhadap semua hal di sistem, bahkan bagian yang paling penting sekalipun. Jadi, virus pada windows dapat memiliki akses ke system.

Dengan Linux, di sisi lain, user biasanya tidak memiliki hak “root” atau admin. Sebaliknya, user biasanya diberi akun tingkat rendah. Artinya itu bahkan jika sistem terkena virus, virus tidak akan memiliki akses root yang dibutuhkan untuk melakukan kerusakan di seluruh sistem. Mungkin hanya file lokal user dan program saja yang akan terpengaruh. Itu bisa membuat perbedaan antara gangguan kecil dan maupun kerusakan besar dalam lingkungan bisnis manapun.

2. Social Engineering

Virus dan worm sering menyebar dengan meyakinkan user komputer untuk melakukan sesuatu yang seharusnya tidak mereka lakukan, seperti mendownload dan menginstall aplikasi tidak dikenal yang membawa virus dan worm. Ini disebut rekayasa sosial, dimana semuanya terlalu mudah dilakukan untuk merusak sistem operasi Windows. Misal mengirim malware melalui email, dimana malware diselipkan di dalam file gambar.

Tetapi pada user Linux yang tidak memiliki akses root, user harus membaca e-mail, menyimpan lampiran, memberikan izin eksekusi file dan kemudian menjalankan executable.

3. Sistem yang open source

Sistem open source pada linux memungkinkan user untuk  melakukan pengubahan, modifikasi maupun pengecekan pada source kode linux. Dimana user dalam melakukan pengecekan dalam bidang keamanan sistem operasi tersebut. Seperti kata Igor Bidenko, CISO Simplex Solutions. “Linux adalah OS yang paling aman, karena open source. Siapapun bisa memeriksa dan memastikan tidak ada bug ataupun backdoor pada system operasi Linux.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here