Kesalahan Saat Charge Ponsel

Pada saat ini kita hidup dalam ketakutan jika baterai ponsel kita kosong, terutama disaat kita diluar rumah atau sedang dalam keadaan yang mengharuskan ponsel kita aktif. Mengisi daya ponsel memang mudah, namun ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat charge ponsel anda agar baterai ponsel anda tidak mengalami kerusakan cukup fatal. Berikut adalah beberapa kesalahan yang sering dilakukan pengguna saat charge ponsel.

1. Sering Menggunakan Power Bank

Kebutuhan pemakaian ponsel membuat banyak dari kita yang menggunakan Power BANK, akan tetapi panas yang dihasilkan oleh Power BANK akan merusak ponsel anda juga. Oleh karena itu sebaiknya menggunakan metode pengisian biasa saja dan hanya menggunakan Power BANK disaat dalam kondisi darurat saja.

2. Menunggu Baterai Ponsel Habis 0 Persen

Banyak dari para pengguna ponsel yang memilih menunggu sampai baterai ponselnya habis baru melakukan pengisian daya. Padahal, pengguna perlu ingat dan tahu bahwa ponsel mereka menggunakan baterai Li-ion yang tak perlu menunggu hingga kosong  untuk bisa mengisi daya kembali. Jika menunggu sampai baterai kosong, hal ini justru akan memperpendek umur baterai sebab menambahkan tegangan bisa membuat beterai tertekan.

3. Mengisi Daya Dalam Suhu Ekstrim

Anda mungkin pernah memperhatikan bahwa aktifitas ponsel anda menjadi lamban ketika berada ditempat yang panas. Hal itu dikarenakan baterai ponsel tidak stabil jika berada pada kondisi suhu ekstrim dan harus bekerja ekstra keras. Usahakan untuk mengisi daya ponsel anda pada suhu yang nyaman (suhu kamar) tidak pada suhu yang terlalu panas maupun di suhu yang terlalu dingin agar baterai ponsel anda tidak cepat mati.

4. Jangan Mengecas Diatas Bantal Atau Tempat Yang Empuk

Seringkali saat kita mengecas, ponsel kita ditaruh diatas bantal atau kursi yang empuk. Hindari mengecas ponsel anda ditempat yang empuk, karena itu akan berdampak buruk pada ponsel anda. Panas yang dihasilkan ketika sedang mengisi daya akan semakin bertambah ketika berada di tempat yang empuk. Sebaiknya charge ponsel anda di tempat yang keras dan agak sejuk seperti meja atau lantai.

5. Jangan Mengecas Ponsel Anda Semalaman

Mungkin banyak dari kita yang memainkan ponselnya sampai larut malam dan mengisi daya baterai selama kita tidur sehingga pada saat kita bangun dipagi hari bisa kita gunakan kembali. Mengisi daya ponsel anda semalaman akan mengurangi kualitas baterai ponsel anda, itu karena dengan mengisi daya semalaman maka baterai ponsel anda akan kelebihan kapasitas dan bisa menimbulkan panas dan ledakan.

6. Menggunakan Charger Tiruan Atau Bajakan

Menggunakan charger tiruan tidak akan menjamin baterai dan ponsel anda aman, selain kualitas yang masih dipertanyakan, hasil output dari charger bajakan juga biasanya tidak sesuai dengan apa yang tertulis di depannya. Misalnya tertulis output 2A tetapi aslinya bisa dibawah 2A.

Demikian sedikit informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat untuk anda. Terimaksih..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here