Kali Linux

Untuk artikel kali ini saya akan memberikan sedikit informasi kepada teman-teman mengenai salah satu distro linux yang cukup populer saat ini yaitu kali linux.

Kali linux adalah salah satu distro linux yang berfokus pada digital forensics dan tes keamanan sistem pada komputer (penetration testing). Kali linux dikembangkan oleh Offensive Security Ltd,dimana Mati Aharoni, Devon Kearns, dan Raphaël Hertzog merupakan pengembangnya.

Sistem operasi ini bersifat open source yang berarti gratis dan dapat dimodifikasi sesuai keinginan pengguna, Kali telah dikembangkan untuk mematuhi FHS ( Filesystem Hierarchy Standard ), yang memungkinkan semua pengguna Linux dengan mudah mencari file binary, support  file, library, dan lain-lain.

Kali merupakan salah satu distro linux yang sangat terkenal dan diakui sejak kemunculannya pada tahun 2006 sebagai sistem operasi terbaik untuk keamanan sistem komputer karena terdapat banyaknya tools penetration didalamnya, Meskipun tools penetration testing pada kali cenderung ditulis dalam bahasa Inggris, kali memiliki dukungan beberapa bahasa lainnya juga, dengan begitu memungkinkan lebih banyak pengguna untuk mengoperasikannya dalam bahasa mereka dan menemukan tools yang mereka butuhkan sesuai dengan bahasa yang diinginkan.

Dalam Kali sudah terinstal lebih dari 300 program yang berfungsi untuk pengujian keamanan yang sudah siap pakai,diantaranya seperti Armitage (alat untuk manajemen serangan), Nmap (alat untuk port sanning), wire shark (alat untuk menganalisa paket), aircrack-ng (alat untuk mengetes keamanan wireless LAN), dan masih banyak lagi.

Kali linux dapat terinstal langsung pada komputer sebagai sistem operasi ataupun bisa juga dijalankan melalui virtual machine. Adapun hal-hal yang dibutuhkan untuk menginstal kali linux diantaranya :

  1. Dibutuhkan kapasitas hard disk minimal 20GB untuk instalasi.
  2. Terpasang minimal 1GB RAM pada komputer.
  3. CD-DVD drive yang siap pakai atau stik USB sebagai alat bantu untuk instalasi.

Kali linux merupakan sistem operasi yang sangat berguna apabila teman-teman ingin mencoba dan belajar tentang digital forensics dan tes keamanan sistem pada komputer (penetration testing). Apabila teman-teman tertarik kalian bisa mengunduh sistem operasinya disini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here