Sistem minimum mikrokontroler hanya sekumpulan komponen-komponen elektronika yang belum dapat dioperasikan. Agar dapat dioperasikan, suatu program harus dimasukkan terlebih dahulu ke dalam IC mikrokontroler. Program yang akan dimasukkan haruslah sesuai dengan tujuan dari dibuatnya sistem tersebut. program tersebut akan disimpan ke dalam mikrokontroler pada bagian penyimpanan (memory). Ketika sistem dijalankan, maka baris per baris pada memori akan dibaca dan dijalankan instruksinya oleh keseluruhan sistem. Dengan demikian, barulah sistem tersebut dapat bekerja dengan baik. Untuk membuat, memasukkan program ke chip, dan menguji program, dibutuhkan beberapa software seperti CodeVision AVR sebagai program compiler, Khazama untuk memasukkan program ke mikrokontroler, serta Docklight untuk menguji program serial. Berikut adalah instalasi-instalasi yang perlu dilakukan.

Instalasi Software CodeVision AVR

Software CodeVision AVR adalah software compailer (software kompilasi) bahasa C. Software ini akan merubah bahasa C ke bahasa Asemmbler kemudian ke Hex. File yang berbentuk “.hex” ini yang nantinya akan disimpan kedalam chip Mikrokontroler.

CodeVision AVR

Langkah-langkah instalasi Software CodeVision AVR:

  1. Buka folder software CodeVision AVR, kemudian cari File Setup.exe seperti gambar dibawah. Kemudian buka (doble klick / klik kanan open).
    CV AVR 1
  2. Setelah dibuka maka akan tampil jendela seperti gambar dibawah, Jendela ini untuk pemilihan bahasa yang akan kita gunakan, jika kita mau menggunakan bahasa inggris maka pilih English kemudian klik OK.
    CV AVR 2
  3. Kemudian klik Next.
    CV AVR 3
  4. Lalu akan muncul jendela seperti dibawah kemudian pilih I accept the agreement dan klik Next.
    CV AVR 4
  5. Klik Next.
    CV AVR 5
  6. Kemudian klik Install.
    CV AVR 6
  7. Maka akan tampil seperti gambar dibawah ini. Tunggu sampai proses selesai.

    CV AVR 7
  8. Kemudian klik Next.
    CV AVR 8
  9. Proses install selesai.
    CV AVR 9
  10. Proses instal selesai. Jika anda membuka softwarenya maka akan tampil jendela awalnya seperti berikut ini.
    CV AVR 10

Download CodeVision AVR

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here