Pengertian Drone dan Kegunaannya

Apa sih itu Drone? Mungkin sebagian dari Anda ada yang masih asing dengan kata Drone. Padahal saat ini sudah banyak orang -lebih tepatnya anak muda- menggunakan sebuah alat yang disebut Drone tersebut. Pada tulisan kali ini kami akan membahas tentang pengertian Drone dan kegunaannya. Alat canggih yang satu ini telah banyak digunakan untuk dapat mengerjakan berbagai macam keperluan penggunanya. Pada mulanya Drone hanyalah alat yang boleh digunakan oleh pihak militer dan juga pemerintahan saja. Namun, karena terus berkembangnya kemajuan teknologi saat ini siapapun dapat memanfaatkan alat tersebut. Untuk mengenal lebih mengenai alat yang satu ini, yuk langsung aja disimak ulasan yang ada di bawah ini.

Pengertian Drone

Secara umum, Drone merupakan sebuah kendaraan udaha tanpa awak. Bentuk Drone menyerupai pesawat terbang atau juga helikopter dalam ukuran kecil yang dapat di operasikan tanpa dikendarai oleh awak atau pilot. Alat canggih ini menggunakan remote control untuk dapat mengontrol Drone saat terbang di udara. Oleh sebab itu banyak anggota militer yang memanfaatkan alat canggih ini untuk dapat menyelesaikan berbagai macam misi yang mempunyai resiko tinggi untuk pesawat yang dikendarai oleh pilot.

Meski alat canggih ini pada awalnya hanya di gunakan oleh anggota militer saja, kini alat ini telah banyak digunakan oleh seluruh pihak secara meluas. Badan pemerintahan juga memanfaatkan alat canggih ini untuk dapat menghubungkan intelejen dengan pertanahan. Namun saat ini untuk masyarakat awam sekalipun juga sudah dapat menggunakan Drone.

Drone khusus untuk militer hanya dapat digunakan oleh pihak militer atau badan pemerintahan sedangkan Drone komersial biasanya dipasarkan di beberapa toko secara meluas dan dapat digunakan oleh seluruh masyarakat umum.

Untuk ukuran Drone khusus militer atau badan pemerintah biasanya berukuran lebih besar dan bahkan dilengkapi dengan adanya persenjataan guna mempertahankan alat canggih tersebut dari serangan. Tentunya sangat berbeda dengan ukuran untuk komersial yang dibuat lebih kecil dan ringan. Kemudian pada umumnya alat canggih ini menggunakan baterai yang apabila isi dayanya habis harus segera diisi atau di-charge. Namun biasanya ada juga beberapa jenis yang menyediakan baterai ekstra agar drone dapat terbang lebih lama lagi.

Fungsi Kegunaan Drone

Pihak militer menggunakan alat canggih ini untuk dapat melakukan berbagai macam aktifitas intelejen yaitu dapat memonitor seluruh wilayah yang sangat berbahaya melalui udara tanpa harus mengirimkan pesawat berpilot. Kemudian kegunaan Drone untuk badan pemerintah biasanya digunakan sebagai alat pemetaan menggunakan jalur udara.  Drone juga dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan agar dapat digunakan untuk membawa atau mengantarkan barang. Fungsi lainnya dari Drone tidak hanya itu saja, alat ini juga dimanfaatkan untuk mengambil potret gambar atau video dengan memanfaatkan fasilitas kamera yang diambil dari ketinggian kemudian juga dapat digunakan untuk pembuatan film.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here