Android

Ponsel Android Anda adalah komputer yang hebat. Tapi seperti komputer yang lain, android tidak akan berjalan dengan baik tanpa perawatan yang tepat. Mungkin kalian pernah menyadari bahwa ponsel android menjadi lebih lambat setelah beberapa kali penggunaan dibandingkan pertama kali pemakaian. Ada beberapa alasan mengapa hal itu terjadi, dan pada artikel kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara agar smartphone Android anda kembali ke bentuk prima.

1. Clear Cahce

Apakah kalian mempunyai aplikasi yang pernah/sering crash? Daripada melakukan force-close atau menguninstall aplikasi tersebut, coba lakukan clear cahce. Langkah ini akan mengatasi masalah yang terjadi pada aplikasi anda dan data andapun tidak akan hilang. Jika setelah di clear cahce tetapi aplikasi masih crash, segera uninstall. Mungkin aplikasi tersebut memang memiliki bug atau perangkat anda yang tidak compatible dengan aplikasi tersebut.

2. Matikan Aplikasi Background

Mungkin dari kalian banyak yang menggunakan aplikasi di android dan sering berganti-ganti aplikasi. Setiap aplikasi yang kalian tutup dengan hanya menekan tombol “back” pada android, sebenarnya aplikasi itu tidak ditutup melainkan hanya di minimize dan disimpan di RAM. Hal ini tentu saja memenuhi Ram dan bisa memperlambat kinerja HP anda. Oleh karena itu usahakan tutup aplikasi background yang berjalan agar android anda berjalan dengan baik.

3. Merawat Baterai

Jangan  menggunakan HP saat sedang discharge itu akan membuat HP Anda panas. Saat mencharger HP segera lepas kabel ketika baterai sudah 100% dan jangan pula mencharger saat baterai mencapai 0%, lebih baik segera charge saat 20%. Jika anda lakukan hal tersebut itu akan membuat baterai anda lebih tahan dan tidak cepat habis.

4. Bersihkan Junk File

Mungkin dari kalian menyadari kenapa tiba2 disk storage HP tiba-tiba penuh padahal aplikasinya sedikit. Mungkin kalian tidak sadar, ketika kalian menginstall aplikasi lalu menguninstallnya, aplikasi ini masih menyimpan data pada memory. Hal ini tentunya akan memenuhi memory kalian. Untuk mengatasi hal tersebut gunakan aplikasi cleaner untuk membersihkan junk file pada HP android kalian. Saya merekomendasikan Clean Master. Aplikasi ini mempunyai kemampuan untuk mendeteksi mana saja aplikasi maupun file yang menghabiskan banyak ruang pada memory anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here