web tracker

Bahasa Pemrograman Esoterik yang Tidak Biasa

Home/Teknologi/Bahasa Pemrograman Esoterik yang Tidak Biasa
  • Bahasa Pemrograman Esoterik

Untuk seorang coder atau programmer pasti akrab dengan banyak bahasa pemrograman. Ada 2 macam jenis dari bahasa pemrograman mulai dari bahasa pengkodean tingkat tinggi dan sintaksnya yang dapat dibaca manusia sampai bahasa tingkat rendah yang sulit bagi manusia untuk dibaca namun tetap dapat dimengerti. Tetapi dari 2 jenis bahasa pemrograman tadi masih ada satu lagi tipe bahasa pemrograman yang disebut dengan bahasa pemrograman esoterik atau esolang. Jenis bahasa ini tidak mempertimbangkan tujuan dari kegunaanya melainkan hanya digunakan sebagai variasi dan inovasi seseorang dalam menciptakan suatu bahasa pemrograman. Walaupun bahasa pemrograman ini terbilang sulit untuk dimengerti, namun Bahasa esoterik ini populer di kalangan peretas dan penggemar.

Berikut 5 bahasa pemrograman esoterik yang sangat sulit dicerna dan tidak biasa untuk para programmer.

  1. MALBOLGE

Malbolge adalah salah satu bahasa pemrograman terberat. Bahasa ini adalah bahasa pengkodean esoterik domain publik yang dibuat oleh Ben Olmsted pada tahun 1998. Setelah 2 tahun dari awal diciptakannya bahasa ini baru ada yang bisa menulis program Malbolge unutk pertama kalinya.

  1. Cow Programming Language

Bahasa Cow dirilis pada awal 2013. Sama seperti namanya bahasa Cow memiliki variasi kosakata yang terbatas. Bahasa Cow terdiri dari berbagai variasi ‘moo’ yaitu, moO, MoO, mOo, mOO, Moo, MOo, dan berbagai macam Moo lainnya. Mungkin bahasa ini lebih mudah dimengerti oleh sapi daripada untuk manusia.

  1. Brainfuck

Brainfuck adalah bahasa pengkodean esoterik yang diperkenalkan pada tahun 1993 oleh Urban Muller. Bahasa ini merupakan bahasa yang sangat rumit dan tidak biasa. Brainfuck terdiri dari delapan perintah dan program yang dijalankan adalah urutan dari perintah-perintah tersebut. Delapan perintah bahasa Brainfuck adalah berupa simbol yang mana masing-masing simbol adalah perintah: <>  +  – .  ,  []

  1. INTERCAL

Intercal merupakan bahasa pemrograman esoterik yang dibuat oleh Don Woods dan James M. Lyon. Intercal merupakan bahasa compiler tanpa akronim.

  1. Whitespace

Whitespace adalah bahasa pemrograman esoterik yang diperkenalkan oleh Edwin Brady dan Chris Morris. Dalam bahasa ini, karakter Whitespace seperti ruang, tab, dan linefeed bukan hnya sebagai pelengkap namun memiliki fungsi tersendiri.

 

About the Author:

Aan Kartono
Just another normal human who love movies,music, and games

Leave A Comment