Apa Itu WordPress dan Berbagai Fiturnya

Apa itu WordPress? WordPress adalah salah satu alat yang digunakan untuk membangun sebuah blog yang bersifat open source dan gratis yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (termasuk website ini). Mesin blog dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL. Nama WordPress diusulkan oleh Christine Selleck, teman ketua dari pengembang WordPress itu sendiri yaitu Matt Mullenweg.

Mesin blog ini juga mulai digunakan sebagai sebuah CMS  atau Content Management System karena kemampuannya yang dapat dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. WordPress adalah penerus resmi dari b2/cafelog yang dikembangkan oleh Michel Valdrighi.

WordPress muncul pertama kali di tahun 2003 melalui hasil kerja keras Matt Mullenweg dengan Mike Little. Yang membuat mesin blog ini sangat populer tentunya karena dukungan dari komunitas untuk blog, selain itu juga karena memiliki banyak fitur dan tampilan yang menarik, diantaranya :

1. Tema

Pengguna WordPress dapat menginstal dan menggunakan berbagai macam tema yang sudah disediakan. Tema memungkinkan pengguna untuk mengubah tampilan dan fungsionalitas dari situsnya tanpa mengubah isi informasi atau struktur situs. Script code yang ditemukan dalam tema biasanya berbentuk PHP, HTML & CSS dan ​​dapat ditambahkan atau diedit sesuai dengan keinginan. Tema untuk mesin blog ini tersebar banyak sekali di internet dari yang gratis sampai yang berbayar.

2. Plugin

Apa itu WordPress Plugin? Salah satu fitur yang sangat populer dan unik dari mesin blog wordpress adalah plugin, karena pengguna dapat menambahkan berbagai macam fitur tanpa harus memahami bahasa pemrograman yang digunakan. WordPress sendiri memiliki database plugin lebih dari 26.000 plugin, dan masing-masing menawarkan fungsi custom dan fitur yang memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan situs mereka sesuai kebutuhan.

Fitur custom ini meliputi Search engine Optimation, penambahan widget, setting tampilan halaman, atau membuat fungsi khusus yang sesuai dengan keinginan pemilik website.

3. Multi-user dan multi-blogging

Satu blog WordPress, dapat digunakan untuk banyak pengguna (multi user). Sehingga mesin blog ini juga sering digunakan untuk blog komunitas. Anggota komunitas tersebut dapat berperan sebagai kontributor.

4. Tersedia untuk perangkat Mobiles

Mesin blog ini sendiri tersedia diberbagai platform Mobiles seperti  Android, iOS, Windows Phone, dan BlackBerry, yang dirancang oleh Automatic. Dengan berbagai fitur pilihan yang meliputi penambahan posting blog baru, komentar, moderasi komentar, membalas komentar dan lain sebagainya.

Apabila kalian tertarik kalian bisa mencobanya melalui link ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here