Image Processing

Apa itu Image Processing? Seiring perkembangan zaman, tentunya teknologi juga akan semakin berkembang. Semakin banyak inovasi-inovasi teknologi baru dan juga pengembangan dari teknologi yang sudah ada sebelumnya untuk memberikan dampak positif dan memudahkan kebutuhan manusia. Salah satunya adalah Image Processing. Image yang berarti gambar memiliki banyak kegunaan dan dapat memberikan suatu informasi, interpretasi, ilustrasi, evaluasi, komunikasi dan hiburan bagi kita. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas sedikit tentang pengolahan citra (Image Processing), untuk lebih jelasnya silahkan baca penjelasan dibawah ini.

Apa Itu Image Processing

Image Processing adalah suatu metode untuk mengolah gambar (Image) ke dalam bentuk digital untuk tujuan tertentu. Pada awalnya pengolahan citra ini berfungsi untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas suatu gambar, namun dengan perkembangan zaman dan munculnya ilmu-ilmu komputasi hal itu memungkinkan manusia dapat mengambil suatu informasi yang ada dalam suatu gambar. Inputnya adalah citra (gambar) dan keluaranya adalah citra yang sudah diperbagus kualitasnya. Misalnya, sebuah gambar yang kurang tajam warnanya, kabur (blurring) dan terdapat noise (mis bintik putih) memerlukan proses untuk memperbaiki kualitas gambar sehingga mendapatkan informasi yang lebih baik.

Analisis Citra

Merupakan kegiatan menganalisis citra (gambar) sehingga menghasilkan sebuah informasi baik untuk menetapkan keputasan (biasanya menggunakan ilmu kecerdasan buatan atau AI untuk pengenalan pola (Pattern Recognition) menggunakan syaraf tiruan, logika fuzzi, dan lain-lain).

Bidang Dalam Image Processing

1. Bidang Komputer

  • Grafika Komputer (Computer Graphics).
  • Pengolahan Citra (Image Processing).
  • pengenalan pola (Pattern Recognition).

2. Bidang Kedokteran

Sistem untuk mendeteksi dan mendiagnosa sebuah kelainan dalam tubuh manusia melalui gambar yang dihasilkan oleh gambar scanner.

3. Bidang Industri

Sistem untuk memeriksa kualitas dari produk melalui kamera video.

4. Bidang Perdagangan

Sistem untuk pembacaan berkode, mengenal huruf dan angka pada formulir secara otomatis oleh mesin pembaca.

5. Bidang Militer

Sistem untuk pengenalan target peluru kendali melalui sensor visual.

6. Bidang Geologi

Sistem untuk mengenali jenis-jenis batuan melalui foto udara/LANDSAT.

7. Bidang Hukum

Sistem untuk mengenali sidik jari, foto narapidana, dan pengenalan mayat.

Implementasi Atau Penerapan Dari Image Processing

1. Game

Dimanfaatkan untuk menghasilkan citra (lebih tepatnya Grafik dan Picture) yang berkualitas bagus agar mudah ditafsirkan oleh manusia dan mesin.

2. Film

Dimanfaatkan untuk menghaluskan gambar, menajamkan gambar, memberi efek terang, memberi kesan timbul, memberi efek morphing dan lain-lain.

3. Fotografi

Dimanfaatkan untuk melakukan pengukuran terhadap posisi dan jarak suatu bintang dari foto udara.

4. Volumentrik

Dimanfaatkan untuk merekontruksi suatu citra (gambar) 3D dan 2D.

5. Identifikasi Objek

Dimanfaatkan untuk mengidentifikasi jenis dan banyaknya objek-objek, contoh aplikasinya adalah menghitung jumlah sel darah merah yang rusak atau mengetahui kondisi sel darah, menghitung volume dari sampel gambar gelembung yang diakibatkan air laut.

Demikian informasi yang dapat saya berikan, kurang lebihnya saya minta maaf dan juga semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here