web tracker

Apa Itu Arduino?

Home/Elektronika/Apa Itu Arduino?
  • Apa Itu Arduino

Adakah dari kalian yang pernah mendengar istilah Arduino? Untuk lebih lengkapnya pada artikel kali ini mari kita bersama-sama belajar tentang Apa itu Arduino.

Arduino merupakan papan rangkaian atau kit elektronik open source yang dalamnya terdapat sebuah chip mikrokontroler dengan jenis AVR dari perusahaan Atmel.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa Mikrokontroler itu sendiri adalah IC (integrated circuit) yang dapat diprogram menggunakan komputer. Fungsi dari menanamkan program pada mikrokontroler antara lain agar rangkaian elektronik dapat membaca input, memprosesnya dan kemudian menghasilkan output sesuai yang diinginkan dari inputan tersebut. Dengan kata lain mikrokontroler bertugas sebagai ‘otak’ yang mengendalikan input, proses dan output dari rangkaian elektronik.

Karena komponen utama Arduino merupakan mikrokontroler, maka Arduino juga dapat diprogram menggunakan komputer sesuai kebutuhan yang kita inginkan.

Setelah membahas apa itu Arduino, maka mungkin banyak dari kalian yang bertanya bahasa pemrograman apa yang digunakan untuk Arduino. Bahasa pemrograman Arduino menggunakan bahasa C.

Kemudian untuk membuat program Arduino dan mengupload ke board Arduino, dibutuhkan software Arduino IDE (Integrated Development Enviroment) yang bisa di download disini-Arduino!

Kelebihan dari Arduino, yaitu:

  • Bahasa pemrograman relatif mudah karena software Arduino dilengkapi dengan kumpulan library yang cukup lengkap.
  • Sudah memiliki sarana komunikasi USB, sehingga pengguna laptop yang tidak memiliki port serial/RS323 bisa menggunakan nya.
  • Tidak perlu perangkat chip programmer karena di dalamnya sudah ada bootloader yang akan menangani upload program dari komputer.
  • Memiliki modul siap pakai (shield) yang bisa ditancapkan pada board Arduino. Misalnya shield GPS, Ethernet, SD Card, dll

Berikut adalah panduan untuk kalian agar lebih mudah belajar tentang apa itu Arduino khususnya mempelajari bahasa pemograman yang digunakan pada Arduino beserta contoh-contohnya yang dapat dibaca di halaman ini.

About the Author:

An Engineer, An Entrepreneur, & A Marketer. Tertarik dengan dunia Digital Marketing. Kontributor juga di Ensiklopedi Bagaimana.

Leave A Comment