keamanan

Dalam dunia keamanan komputer memang memiliki banyak istilah-istilah yang masih banyak belum dimengerti oleh kebanyakan orang, oleh karena itu kali ini, saya akan membahas mengenai beberapa istilah-istilah yang poluper dalam dunia keamanan komputer, adapun diantaranya :

1. DDoS

Distributed Denial of Service attacks atau biasa dikenal dengan DDoS adalah jenis serangan yang dilakukan oleh hacker terhadap sebuah komputer atau server di dalam jaringan Internet. Cara kerja dari DDoS adalah dengan menghabiskan sumber daya yang dimiliki oleh komputer tersebut sampai komputer menjadi overload dan tidak dapat lagi menjalankan fungsinya dengan benar.

2. Exploit

Exploit adalah sebuah kode yang menyerang keamanan komputer secara spesifik. Exploit banyak digunakan untuk penetrasi, baik secara legal maupun ilegal untuk mencari kelemahan (vulnerability) pada komputer target. Exploit bisa juga dikatakan sebagai perangkat lunak yang menyerang kerapuhan keamanan (security vulnerability) dan bersifat spesifik. Banyak peneliti keamanan komputer menggunakan exploit untuk mendemonstrasikan bahwa suatu sistem memiliki kerentanan. Peneliti itu bertugas mencari kerapuhan dari sebuah software dan jika menemukannya, mereka akan melaporkan hasil temuan tersebut ke produsen agar dapat segera diambil tindakan. Meskipun demikian, exploit kadang menjadi bagian dari suatu malware yang bertugas menyerang kerentanan keamanan.

3. Phishing

Istilah phishing berasal dari kata bahasa Inggris yaitu fishing (yang berarti memancing), Phishing adalah tindakan memperoleh informasi pribadi seperti user ID, password dan data-data sensitif lainnya dengan menyamar sebagai orang atau organisasi yang berwenang melalui sebuah email.

4. SQL Injection

SQL Injection adalah jenis aksi hacking pada keamanan komputer di mana seorang penyerang bisa mendapatkan akses ke basis data di dalam sistem target.

5. Backdoor

Backdoor adalah mekanisme yang ditanamkan oleh hacker dan berhasil melakukan compromise. Adapun tujuannya untuk mem-bypass keamanan komputer yang ada sehingga di lain waktu dapat lebih mudah untuk melakukan akses terhadap komputer yang diserang tanpa diketahui oleh si pemiliknya.

6. Keylogger

Keylogger adalah software yang dipasang di komputer korban agar dapat mencatat semua aktivitas yang terjadi pada keyboard korban. Keylogger bekerja secara diam-diam dan sulit diketahui secara kasat mata.

7. Sniffing

Sniffing adalah kegiatan menyadap atau menginspeksi paket data menggunakan sniffer software atau hardware di Internet. Kegiatan ini sering disebut sebagai serangan sekuriti pasif dengan cara membaca data yang berkeliaran di Internet, dan memfilter khusus untuk host dengan tujuan tertentu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here